Main Article Content

Abstract

Kota Bandung menjadi pilihan wisatawan lokal dan mancanegara dengan beragam preferensi yang dijadikan pertimbangan oleh wisatawan salah satunya wisatawan backpacker. Seiring berjalannya waktu, tren backpacker semakin marak dikalangan wisatawan. Hal ini menyebabkan hostel yang menyediakan penginapan dengan tarif kamar yang murah akan menjadi suatu pilihan yang diminati para wisatawan backpacker. Hostel merupakan jenis tempat menginap yang menyediakan fasilitas yang digunakan secara bersamaan oleh seluruh tamu dengan menyediakan kamar tipe dormitory. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penentu untuk memilih hostel sebagai tempat penginapan wisatawan backpacker. Metode penelitian yang menggunakan metode analisis faktor dengan pendekatan survei menggunakan kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui karakteristik dan faktor keputusan wisatawan backpacker dalam pemilihan akomodasi hostel di Kota Bandung. Selain itu, ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penentu keputusan pemilihan hostel di Kota Bandung. Analisis faktor diukur menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert 5 dan diolah menggunakan. SPSS 25. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan hostel di Kota Bandung terinspirasi oleh beragam promosi yang ditawarkan, kemudahan akses, dan juga fasilitas yang sesuai dengan kemauan tamu.

Keywords

Karakterstik Tamu Keputusan Wisatawan Wisatawan Backpacker Hostel

Article Details

How to Cite
Apsarini, G. D., & Ervina, E. (2023). Keputusan Wisatawan Backpacker dalam Memilih Hostel di Kota Bandung. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 864–874. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i4.3986

References

  1. Annishia, F. B., & Prastiyo, E. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 4(1), 19-28.
  2. Benedicta, H. L. Redesain Hotel Grand Sumatra Sebagai Hotel Backpacker Dengan Konsep Nuansa Indonesia Dan Eco Green Living.
  3. Ervina, E., Indra, D., & Taufiq, R. (2021, March). Critical Success Factors (CSFs) on virtual hotel operators in Bandung city. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 704, No. 1, p. 012012). IOP Publishing.
  4. Ervina, E., & Octaviany, V. (2017). Visitor Behavior at Theme Parks as an Urban Tourism in the City of Bandung, Indonesia. Journal of Business on Hospitality and Tourism, 2(1), 131-142.
  5. Gondokesumo, R., Caroline, N., & Wijaya, S. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Backpacker Dalam Memilih Sebuah Hostel Di Bali. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(2).
  6. Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor–faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota Medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 37-43.
  7. Kurniawan, R., & Lim, J. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pemilihan Hotel (Studi Pada Hotel Nagoya Hill Batam). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1227-1237.
  8. Latasi, A. D. L. (2019). YOUTH HOSTEL DI BACIRO, YOGYAKARTA Penekanan Desain Hostel Rendah Biaya Pada Bangunan Indis Dengan Menggunakan Metode Blue Ocean-Strategy YOUTH HOSTEL AT BACIRO, YOGYAKARTA. Design Emphasize On Low Budget Hostel Of Indische Building By Blue Ocean-Strategy Methods.
  9. Manik, G., Suwena, I. K., & Suardana, I. W. (2016). Faktor pendorong dan penarik wisatawan backpacker mancanegara berwisata ke Bali. Jurnal IPTA ISSN, 2338, 8633.
  10. Menuh, N. N. (2016). Karakteristik Wisatawan Backpacker Dan Dampaknya Terhadap Pariwisata Kuta, Bali. Jurnal Master Pariwisata, 2(2), 177-188.
  11. Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 128-137.
  12. Nanlohy, A. Y., & Dedityatama, D. P. (2023). Alternatif Metode Wisata Backpacker Pasca Pandemi Di Karimun Jawa. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 19(1), 40-48.
  13. Oktavia, N. R., 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Backpacker Dalam Pemilihan Hotel Budget Di Kota Bandung Tahun 2019. Eproceedings Of Management, P. 95.
  14. Sudiarta, I. N., & Suwintari, I. G. A. E. (2020). PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS HOMESTAY CANGGU TERHADAP KEPUASAN BACKPACKER. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 11(1), 24-35.
  15. Sutisna, I. (2021). Teknik analisis data penelitian kuantitatif. ARTIKEL, 1(4610).
  16. Tonda, F., & Tyas, T. S. N. (2022). Literature Review Determinasi Perilaku Konsumen: Kebudayaan, Sosial Dan Pribadi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 509-519.
  17. Yuniati, N. (2022). Model Perilaku Wisatawan Domestik Dalam Memilih Hotel Hijau. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 2370-2