Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai komunikasi interpersonal siswa tunarungu dalam pembelajaran Agama Islam. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Informan penelitian yaitu guru dan anak murid. Menggunakan tehni pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian tunarungu di daarus salam kabupaten asahan. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, dispalay data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data menggunakan trigulasi sumber, tehnik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tunarungu membutuhkan pendekatan komunikasi interpersonal yang berbeda dengan siswa normal, termasuk dalam pembelajaran Agama Islam. Guru-guru tersebut mengaplikasikan beberapa teknik dan metode komunikasi interpersonal seperti penggunaan bahasa isyarat, tulisan, gambar, dan media visual untuk membantu siswa tunarungu memahami konsep Agama Islam. Selain itu, mereka juga berkolaborasi dengan orang tua peserta didik. Kesimpulan sangat penting peranan guru dalam berkomunikasi interpersonal dengan siswanya dimana disebabkan dengan berkomunikasi dengan baik maka akan mudah siswa atau guru memahami apa yang mereka sampaikan atau bicarakan.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
