Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media audio visual pembelajaran dan Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Boneatiro Kabupaten Buton Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelas V SD Negeri 1 Boneatiro, dengan sampel kelas VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil post-test keterampilan proses IPA kelas eksperimen yaitu 62,14, kelas kontrol yaitu 53,86 dan nilai thitung 4,155 > ttabel. Post-test hasil belajar IPA kelas eksperimen yaitu 80,00, kelas kontrol yaitu 70,86 dan nilai thitung 3,915 > ttabel. Artinya ada perbedaan yang signifikasn antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual pembelajaran dengan kelas kontrol yang menggunakan media gambar. Hasil analisis korelasi diperoleh 0,945 kelas eksperimen dan 0,944 kelas kontrol. Artinya ada hubungan positif sangat kuat antara keterampilan proses dan hasil belajar IPA. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media audio visual pembelajaran terhadap keterampilan proses dan hasil belajar IPA, dan terdapat hubungan positif sangat kuat antara keterampilan proses dan hasil belajar IPA pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Boneatiro 1.

Keywords

Media Audio Visual, Pembelajaran, Keterampilan Proses

Article Details

How to Cite
Rasyid, A. L. A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BONEATIRO. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.35326/pencerah.v4i2.292