Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan Bimbingan Kelompok melalui teknik Mind Map dalam meningkatkan keterampilan siswa memecahkan masalah pada SMK Negeri 2 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan model quasi experiment dengan desain penelitian one group pretest–posttest. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang siswa secara random. Pengumpulan data menggunakan skala dan dianalisis melalui analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan siswa mencapai rata – rata skor 75,067 dan setelah perlakuan mencapai rata–rata 75,53 sehingga peningkatan terjadi sebesar 0,643. Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan Bimbingan Kelompok melalui teknik Mind Map dalam meningkatkan keterampilan siswa memecahkan masalah pada SMK Negeri 2 Makassar.

Keywords

Bimbingan kelompok, Mind Map, dan memecahkan masalah

Article Details

How to Cite
Kurniawan, U. T. (2019). PENGARUH PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK MIND MAP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MEMECAHAKAN MASALAH PADA SMK NEGERI 2 MAKASSAR. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.35326/pencerah.v4i1.291