Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (KBTT) siswa SMP dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan teknik testing (pengujian) yang melibatkan 913 siswa SMP di Ibukota Kabupaten Muna. Tes yang digunakan telah diketahui memiliki bukti validitas, reliabilitas tinggi, dan parameter butir yang baik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data dianalisi secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan bahwa: (1) reliabilitas hasil pengukuran sangat tinggi (2) kemampuan higher order thinking siswa SMP dalam mata pelajaran masih rendah yang ditunjukkan oleh persentase siswa yang berada pada kategori kemampuan rendah dan sangat rendah sebanyak 66,05%, sedangkan siswa yang mencapai kategori tinggi dan sangat tinggi hanya sebanyak 33,95%, (3) persentase siswa yang mencapai kemampuan tinggi dan sangat tinggi di SMPN 4 Raha lebih tinggi dibandingkan siswa SMP lainnya, (4) rata-rata skor setiap sekolah berada di bawah rata-rata ideal.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
