Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan permainan tradisional kasede-sede terhadap minat dan hasil belajar matematika materi bangun datar kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Gugus 1 Kecamatan Wolowa Kabupaten Buton. Metode pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Wolowa. Sedangkan sampel penelitian 37 siswa di ambil dari 2 sekolah pada SD Negeri 56 dan SD Negeri 91 Buton. Sampel dilakukan secara random sampling yang dikelompokan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selajutnya analisis uji hipotesis mengunakan uji chi kuadrat dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning berbantuan permainan tradisional kasede-sede terhadap minat belajar siswa, dimana di peroleh nilai sig 0,008 < 0,05 yang berarti minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning berbantuan permainan tradisional kasede-sede terhadap hasil belajar siswa, dimana di peroleh nilai sig 0,013 < 0,05 yang berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol berbeda secara signifikan.

Keywords

Blended Learning Hasil Belajar Minat Belajar Permainan Kasede-sede

Article Details

How to Cite
Krisnawati, K., Sukmawati, S., & Husniati, A. (2022). Kasede-sede Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(3), 891–901. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i3.2553

References

  1. Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81-94.
  2. Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683-1688.
  3. Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.
  4. Hadila, R., & Alamsyah, T. P. (2020). Desain Pembelajaran Bangun Datar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49-63.
  5. Hartono, Marhadi Saputro, Dona Fitriawan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 4(September):84–89.
  6. Sari, F. F. K. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. Satya Widya, 34(1), 62-76.
  7. Kusumaningsih, Widya, Supandi, and Lilik Ariyanto. (2019). Desain Etnomatematika Pada Permainan Congklak Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. LPPM Universitas PGRI Semarang.
  8. Jamal, M. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Indonesia Jurnal Sakinah, 2(1).
  9. Ramadhani, Y. P. (2020). Model Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 248-255.
  10. Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485-2490.
  11. Hariyadi, S., & Muttaqin, M. F. (2020). Pemahaman konsep geometri pada pembelajaran Problem Based Learning bermuatan Etnomatematika bangunan cagar budaya kota Semarang. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 204-210.
  12. Rohana, Syarifah, & Andi Syahputra. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pasca New Normal Covid-19. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 13(1):48. doi: 10.47498/tadib.v13i01.488.
  13. Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia Dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(1):12–21. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21.
  14. Silalahi, W. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode role play pada pelajaran IPS kelas IV SD swasta xaverius padang sidimpuan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 172-181.
  15. Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap kemampuan geometri anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 57-63.
  16. Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13-18.
  17. Yusnan, M. (2022). Implementation Of Character Education In Elementary School Students. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities 5(2):218–23. doi: 10.2991/aisteel-17.2017.102.