Main Article Content

Abstract

Turki merupakan negara yang kaya akan peninggalan sejarah Islam yang kental dan banyaknya beasiswa pendidikan bagi pelajar asing sehingga Turki menjadi salah satu negara tujuan bagi pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan Islam. Salah satu beasiswa dari Kementrian Agama Turki adalah Aziz Mahmud Hüdâyî Kız Kur'an Kursu. Bertemunya berbagai kultur antara pelajar asing dalam proses menjalani kehidupan maupun pembelajaran di Turki, menimbulkan intensitas interaksi sosial antara pelajar asing yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Penelitian ini membahas tentang adaptasi dan dukungan sosial pada pelajar Indonesia di Aziz Mahmud Hüdâyî Kız Kur’an Kursu, Turki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan adaptasi dan strategi individu juga pengaruh lingkungan sebagai dukungan sosial pada pelajar Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada pelajar aktif dan alumni Aziz Mahmud Hüdâyî Kız Kur’an Kursu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif dan wawancara mendalam serta membagikan kusioner tertutup. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Parsons, Sistem Sosial dan Teori Sarafino, Dukungan Sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam proses adaptasi pelajar Indonesia menghadapi kendala yang merupakan faktor penghambat adaptasi. Kendala tersebut merupakan sebuah tantangan bagi pelajar dan dukungan dari lingkungan sekitar merupakan faktor pendukung. Proses adaptasi dan dukungan sosial menjadi strategi pelajar Indonesia dalam bertahan hidup di Turki. Pelajar Indonesia menganggap bahwa negara Turki sebagai negara yang memiliki toleransi akan perbedaan kultur terutama guru yang membantu pelajar asing dalam penyesuaian di sekolah maupun di asrama.

Keywords

Adaptasi Sosial Beasiswa, Pelajar Indonesia Dukungan Sosial Turki

Article Details

How to Cite
Husna, N., Astutik, J., & Abidin, Z. (2022). Adaptasi dan Dukungan Sosial Pelajar Indonesia dalam Program Beasiswa Aziz Mahmud Hüdâyî Kız Kur’an Kursu di Turki. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(3), 767-784. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i3.2503

References

  1. Ali, M., & Asrori, M. (2009). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Aminuddin. (2000). Sosiologi: Suatu Pengantar Awal. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
  3. Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Aryand, A. D., Mardiawan, O., & Nurdiyanto, F. A. (2020). Proses Adaptasi Kaum Muda yang Bermigrasi ke Kota Yogyakarta dan Bandung. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 25(2), 215-228. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss2.art4
  5. Barbee, A. P., & Cunningham, M. R. (1995). Close Relationship: A Source Book (2th ed). (C. Hendrick, & S. S. Hendrick, Eds.) California: Sage Publications.
  6. Butler, D. (2018). With more Islamic schooling, Erdogan aims to reshape Turkey. Retrieved from https://www.reuters.com/investigates/special-report/turkey-erdogan-education/
  7. CNN Indonesia. (2022). Erdogan Presiden Turki dan Simbol Kebangkitan Islam di Eropa. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220409061250-134-782506/erdogan-presiden-turki-dan-simbol-kebangkitan-islam-di-eropa/1.
  8. Czyz, E. K., Liu, Z., & King, C. A. (2012). Social Connectedness and One-Year Trajectories Among Suicidal Adolescents Following Psychiatric Hospitalization. Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology, 41(2), 214-226. https://doi.org/10.1080/15374416.2012.651998
  9. Fernandes, R. d., & Carvalhais, I. E. (2018). Understanding Erdogan's Leadership in the "New Turkey". JANUS.NET e-journal of International Relations, 9(1), 88-102.
  10. Hermawan, H. (2018). Metode Kualitatif untuk Riset Pariwisata. Open Sciene Framwork https://doi.org/10.31227/osf.io/nyvug
  11. Jamal, H. R., & Wok, S. (2020). Assessing Cross-Cultural Adaptation of International Students in IIUM. International Journal of Modern Trends in Social Sciences, 3(14), 47-63. https://doi.org/10.35631/IJMTSS.314004
  12. Junaedi, M. (2016). Imam Hatip School (Imam Hatip Lisesi): Islamic School in Contemporary Secular Turkey. Analisa Journal of Social Science and Religion, 1(1), 121-138. http://dx.doi.org/10.18784/analisa.v1i1.219
  13. Laksono, P. (2020). Adaptasi Sosial Mahasiswa Asing di Institut KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto. Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.31538/almada.v3i1.484
  14. M., A. K. (2021). Perceived language barriers among foreign nationals in Turkey. Journal of Language and Linguistic Studies, 7(2), 1114-1119. https://doi.org/10.52462/jlls.78
  15. Mahsun. (2017). Sistem Manajemen Wakaf di Jordania. An-Nuha Jumal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya, dan Sosial, 4(2), 191-202. https://doi.org/10.21154/justicia.v14i2.1231
  16. Mudjia, R. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Research Repository Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
  17. Parsons, T. (2017). On National Socialism. (U. Gerhardt, Ed.) USA: Routledge.
  18. Pavlushkina, T. V., Schepkina, N. K., Dvoryankina, E. K., Kazinets, V. A., Ledovskikh, I. A., Tabachuk, N. P., et al. (2016). Pedagolical Support of Foreign Students Social Adaptation in Russian University. International Review of Management and Marketing, 6(2), 69-75.
  19. Prasetia, Y. S., & Huda, M. (2017). Relevansi Tatakelola Wakaf Turki Terhadap Pengembangan Wakaf Produktif di Indonesia. Justicia Islamica, 14(2), 174–184. https://doi.org/10.21154/justicia.v14i2.1231
  20. Rofii, M. S. (2018). Recep Tayyib Erdogan: Revolusi dalam Sunyi. Jakarta: Atavisa Pustaka.
  21. Sahin, A. (2018). Critical issues in Islamic education studies: Rethinking Islamic and Western liberal secular values of education. Religions, 9(11), 335-358. https://doi.org/10.3390/rel9110335
  22. Sarafino, Edward P., Timothy W. Smith. (1990). Health Psychology Biopsychosocial Interactions (7th ed). United States of America
  23. Sayu, J. A., Ibrahim, M. Y., & Budjang, G. (2013). Adaptasi Sosial Siswa Kelas X Boarding School SMA Taruna Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).
  24. Solihin, I. (2018). Madrasah dan Pertumbuhan Keilmuan Dunia Islam: Sebuah Kajian Sosio-Historis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 97-106. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1080
  25. Stuart, G.W., and Sundenen, S.J. (1998). Buku Saku Keperawatan Jiwa (6th ed). St. Louis: Mosby Yeart Book.
  26. Suciani, D., & Rozali, Y. A. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(2).
  27. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  28. Sutopo, H. B. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
  29. Utami, K. D., & Herieningsih, MS, D. H. S. W. (2016). Title: Build Process of Adaptation to the New Environment in the Boys and Girls who Go Abroad. Interaksi Online, 4(2), 1-9. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/11165
  30. Utami, S. (2015). Teori-Teori Adaptasi Antar Budaya. Jurnal Komunikasi, 7(2), 180-197.
  31. Wahyuni, D. S. (2019). Culture Shock Experiences of Indonesian University Students in Teaching Practice and Community Service in Thailand. International Journal of Education, 4(2), 78-96. https://doi.org/10.18860/abj.v4i2.6289
  32. Williams, S. L., and Mickelson, K. D. (2008). A Paradox of Support Seeking and Rejection among The Stigmatized. Pers. Relat. 15, 493–509. doi: 10.1111/j.1475-6811.2008.00212.x