Main Article Content

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan perubahan global yang berdampak pada aspek ekonomi berupa pengangguran. Hal ini menjadi perhatian khusus terhadap bidang pendidikan agar menghasilkan lulusan yang berkompetensi sesuai bidang keilmuannya. Program kampus merdeka mendukung mahasiswa menguasai berbagai keilmuan dan berinovasi dengan kemajuan teknologi digital dalam rangka beradaptasi dengan dunia kerja. Praktek belajar lapangan berorientasi untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas tinggi dalam rangka mendukung penerapan program kampus merdeka. Faktor-faktor  yang berhubungan dengan kualitas praktek belajar lapangan meliputi strategi pembelajaran, suasana akademi dan sarana prasarana. Tujuan penelitian adalah menganalisis hubungan strategi pembelajaran, suasana akademik dan sarana prasarana dengan kualitas praktek belajar lapangan dalam mewujudkan penerapan program kampus merdeka. Sampel penelitian berjumlah 42 mahasiswa Universitas Nurul Hasanah Kutacane. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Hasil penelitian analisis bivariat didapatkan bahwa ada hubungan strategi pembelajaran dan sarana prasaranadengan kualitas praktek belajar lapangan (ρ-value 0,006 dan ρ-value 0,002) serta tidak ada hubungan suasana akademik dengan kualitas praktek belajar lapangan (ρ-value 0,927). Berdasarkan penelitian ini diharapkan bahwa perguruan tinggi mendukung peningkatkan kualitas praktek belajar lapangan melalui pengadaan sarana prasarana penunjang, menciptakan suasana akademik  dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan praktek belajar lapangan.

Keywords

Praktek Belajar Lapangan Sarana Prasarana Strategi Pembelajaran Suasana Akademik

Article Details

How to Cite
Yusnaini, Y., Lubis, H., & Lestari, F. (2022). Hubungan Strategi Pembelajaran, Suasana Akademik dan Sarana Prasarana dengan Kualitas Praktek Belajar Lapangan dalam Mewujudkan Penerapan Program Kampus Merdeka. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(3), 661-670. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i3.2450