Main Article Content
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan penentu masa depan suatu bangsa. Masa 1000 hari pertama diakui sebagai masa kritis bagi perkembangan, maka kebutuhan anak menjadi fokus perhatian yang sangat pentingnya. Dampak buruk penyimpangan tumbuh kembang anak pada jangka pendek, anak akan lambat menerima serta memproses berita, sulit memusatkan perhatian, hiperaktif, memiliki gangguan pengendalian emosi, gangguan memori,dan lambat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Penilaian status perkembangan anak memakai Denver Development Screening Test (DDST) bertujuan mengidentifikasi gangguan perkembangan pada anak-anak usia 0 sampai 6 tahun. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tumbuh kembang anak usia 2 sampai 3 tahun berdasarkan Denver Development Screening Test di Desa Tualang Lama Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini adalah jenis penelitian descriptive yang melibatkan populasi anak usia 2-3 tahun berjumlah 37 orang dan pengambilan sampel menggunakan total sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa tumbuh kembang anak pada aspek motorik halus, motorik kasar, kemampuan bicara dan adaptasi sosial sebagian besar normal. Oleh karena itu, diharapkan orang tua dapat meningkatkan pengetahuan melalui akses informasi media online dalam memberikan stimulasi yang bervariasi, sehingga tumbuh kembang anak lebih optimal.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Adebiyi, B. O., Goldschmidt, T., Benjamin, F., Sonn, I. K., & Roman, N. V. (2021). Exploring the perspectives of south african parents and primary caregivers living in low-income communities on what children need to thrive within the first 1000 days of life. Children, 8(6). https://doi.org/10.3390/children8060483
- Afandi, A. (2019). Buku Ajar Pendidikan Dan Perkembangan Motorik. Jawa Timur
- Amelia, K. C., Linda, O., & Suraya, I. (2019). Faktor Langsung dan Tidak Langsung yang berhubungan dengan Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Anak TK. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Riset Dan Luarannya Sebagai Budaya Akademik Di Perguruan Tinggi Memasuki Era 5.0, 798–809.
- Apriani, D., & Febrianti, T. (2020). Analisis Perbandingan Hasil Screening Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Pra Sekolah Antara Metode Pemeriksaan KPSP dengan Denver II Studi Kasus di Puskesmas Gandus Palembang. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 7(1), 34–38.
- Ardiyansyah, M. (2020). Perkembangan Bahasa dan Deteksi Dini Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Jawa Barat: Guepedia.
- Asthiningsih, N. W. W., & Muflihatin, S. K. (2017). Gambaran Perkembangan Personal Sosial, Adaptif-Motorik Halus, Bahasa, dan Personal Sosial pada Anak Balita Dengan Metode DDST II di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1), 62–66. Retrieved from https://journals.umkt.ac.id/index.php/jik/article/download/52/31
- Asthiningsih, N. W. W., & Muflihatin, S. K. (2018). Deteksi Dini Perkembangan Balita Dengan Metode Ddst Ii Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda. Jurnal Endurance, 3(2), 367. https://doi.org/10.22216/jen.v3i2.3149
- Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.30994/jqwh.v4i1.104
- Darmanto, F., Yuwono, C., Supriyono, S., Pamot, H., & Ichsandi, R. (2019). Analisis Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Denver Development Screening Test Motorik Kasar Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 2(2), 38. https://doi.org/10.26740/jses.v2n2.p38-43
- Eekhout, I., & Van Buuren, S. (2021). Child development with the D-score: tuning instruments to unity. Gates Open Research, 5, 86. https://doi.org/10.12688/gatesopenres.13223.1
- Evita, B., Nardina, A., Astuti, E. D., Suryana, S., Hapsari, W., Hasanah, L. N., & Nardina, E. A. (2021). Tumbuh Kembang Anak. Medan: Yayasan KIta Menulis.
- Gunawan, Gladys & Destiana, R. (2018). Gambaran Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun. Sari Pediatri, 13(1), 21–25.
- Hamdanesti, R., & Oresti, S. (2021). The Effectiveness of Comparison of the Use of the Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) with Denver II on Development Children aged 0-72 months in the Dadok Primary Health Center Work Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 11(December 2019), 114–121.
- Hartinger, S. M., Nuño, N., Hattendorf, J., Verastegui, H., Karlen, W., Ortiz, M., & Mäusezahl, D. (2020). A factorial cluster-randomised controlled trial combining home-environmental and early child development interventions to improve child health and development: Rationale, trial design and baseline findings. BMC Medical Research Methodology, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12874-020-00950-y
- Iasha, V. (2021). Penyelenggaraan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13–26. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/issue/view/908
- Jasri, M., & Karim, A. (2020). Implementasi Metode Denver Developmental Screening Test Untuk Anamnesa Perkembagan Anak Pada Sistem Pakar. Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi Dan Manajemen (JATIM), 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31102/jatim.v1i1.754
- Khoiriah, A. N., Fatmawati, F., & Gumanti, K. A. (2019). Perbedaan Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Antara Yang Mengikuti dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini di TK-IT Insan Permata Malang. Journal Of Issues In Midwifery, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2019.003.02.4
- Kumar, N. T. A., Oliver, J. L., Lloyd, R. S., Pedley, J. S., & Radnor, J. M. (2021). The Influence of Growth, Maturation and Resistance Training on Muscle-Tendon and Neuromuscular Adaptations: A Narrative Review. Sports, 9(59).
- Made, B. I., Adiputra, S., Trisnadewi, N. W., Putu, N., Oktaviani, W., Asnawati, S., Sianturi, E. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
- Masganti. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing
- McDonough, D. J., Liu, W., & Gao, Z. (2020). Effects of Physical Activity on Children’s Motor Skill Development: A Systematic Review of Randomized Controlled Trials. BioMed Research International, 2020. https://doi.org/10.1155/2020/8160756
- Meidina, N. F., Sulistyorini, L., & Juliningrum, P. P. (2020). Gambaran Perkembangan Motorik Kasar pada Balita Usia 1-3 Tahun dengan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Sumberjambe, Jember. Pustaka Kesehatan, 7(3), 164. https://doi.org/10.19184/pk.v7i3.10942
- Munawaroh, nurwijayawati, I. (2019). Gambaran Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Dengan Metode Menggambar. Coping: Community of Publishing in Nursing, v.7, n. 1,51-58.
- Nilawati, I. (2015). Gambaran Deteksi Dini Perkembangan Anak Usia 48 - 72 Bulan Berdasarkan DDST. Jurnal Kebidanan Besurek, 1(1), 38–46.
- Nofianti, R., & Ria Astuti. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
- Norma. L, N. S., Mulat, T. C., & Srianingsihi, N. (2020). Perkembangan Adaptasi Sosial Anak Usia Toddler dan Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 467–472. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.325
- Nouraey, P., Ayatollahi, M. A., & Moghadas, M. (2021). Late Language Emergence. Sultan Qaboos University Medical Journal [SQUMJ], 21(2), e182-190. https://doi.org/10.18295/squmj.2021.21.02.005
- Noverina, A. & Olivia, F. (2012). Makanan Super Untuk Melejitkan Konsentrasi dan Kreativitas Anak. Jakarta: Elex Media Komputerindo.
- Nugroho, H. S. (2009). Petunjuk Praktis Denver Screening Test. Jakarta: EGC.
- Nurhidayah, I., Gunani, R. G., Ramdhanie, G. G., & Hidayati, N. (2020). Deteksi Dan Stimulasi Perkembangan Sosial Pada Anak Prasekolah: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 3(2), 42–58. https://doi.org/10.32584/jika.v3i2.786
- Oktiawati, A., Nur Itsna, I., Putra Satria, R., & Ni’mah, J. (2020). Deteksi Dini Perkembangan Anak dengan DDST (Denver Development Screening Test) di RA/KBIT Siti Khodijah Slawi. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 106–115. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i2.37
- Palupi, J., Maryanti, S. A., Subiastutik, E., Gumiarti, & Firmansyah, F. F. (2020). The effectiveness of literacy stimulation model based on multisensory development of the results of DDST. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012056
- Panić, M., & Bouillet, D. (2021). Prevalence of behaviour problems in children within early childhood education and care institutions. Hrvatska Revija Za Rehabilitacijska Istrazivanja, 57(2), 73–91. https://doi.org/10.31299/hrri.57.2.5
- Pransiska, Y. (2015). Perkembangan Anak Usia Toodler dengan Intervensi DDST dan SDIDTK. https://osf.io/scp2f/download/?format=pdf
- Rambe, N., Sebayang, W., & Hutabarat, E. (2020). Pemantauan Perkembangan & Perkembangan Anak Berbasis Teknologi. Yogyakarta: Deepublish.
- Sa’diyah, L. K. & Eka,V. (2017). Tumbuh Kembang Dan Toilet Trainning. Mojokerto: Karya Bina Sehat.
- Sari, M., Effendi, D. & Wahyuni, G. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun. Jawa Tengah: NEM
- Sembiring, J. B. (2019). Buku ajar Neonatus, Bayi, Balita, Anak Pra Sekolah - Google Books. Deepublish Publisher, 1–487. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Buku_ajar_Neonatus_Bayi_Balita_Anak_Pra/ZAyfDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Konsep+Tumbuh+Kembang+Anak&printsec=frontcover
- Siti, B., Umami, F., Pramestiyani, M. & Sulistyawati, E. D. (2022). Ilmu Kesehatan Ibu dan Anak. Bandung: Media Sains Indonesia.
- Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kemband Anak. Jakarta: EGC
- Soetjiningsih, C. H. (2018). Seri psikologi perkembangan: perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir. Jakarta: Kencana.
- Syarifah, A. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Anak Prasekolah dengan Paper Toys. Jawa Tengah: NEM.
- Tambunan, E. S., & Ningsih, R. (2018). Tumbuh Kembang Optimal Anak. Malang: Wineka Media.
- Thomson Delmar Learning. (2007). Children ’ S Development: Denver Screening. https://www.ccmedical.org/forms/1428352937_171971.pdf.
- Widadi, S. yekti, Patimah, I., Nurani, Z., Safaat, R., Tri, E. N., Sofyan, A., … Suwandi, Y. (2020). Pemantauan Perkembangan Anak Dengan Ddst Ii Pgtk Paud Pelita Hati Rancabango Garut. Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK), 1(2), 44–51. https://doi.org/10.52841/jpmk.v1i2.119
- Wijayanti, K., & Pangestu, L. B. (2018). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah Gross Motor Development Of Preschools Children. Proceeding Unissula Nursing Conference, 145–151.
- Wilczyński, J., & Ślęzak, G. (2021). Level of vocabulary development and selected elements regarding sensory integration and balance in 5-year-old girls and boys. Children, 8(3), 1–12. https://doi.org/10.3390/children8030200
References
Adebiyi, B. O., Goldschmidt, T., Benjamin, F., Sonn, I. K., & Roman, N. V. (2021). Exploring the perspectives of south african parents and primary caregivers living in low-income communities on what children need to thrive within the first 1000 days of life. Children, 8(6). https://doi.org/10.3390/children8060483
Afandi, A. (2019). Buku Ajar Pendidikan Dan Perkembangan Motorik. Jawa Timur
Amelia, K. C., Linda, O., & Suraya, I. (2019). Faktor Langsung dan Tidak Langsung yang berhubungan dengan Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Anak TK. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Riset Dan Luarannya Sebagai Budaya Akademik Di Perguruan Tinggi Memasuki Era 5.0, 798–809.
Apriani, D., & Febrianti, T. (2020). Analisis Perbandingan Hasil Screening Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Pra Sekolah Antara Metode Pemeriksaan KPSP dengan Denver II Studi Kasus di Puskesmas Gandus Palembang. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 7(1), 34–38.
Ardiyansyah, M. (2020). Perkembangan Bahasa dan Deteksi Dini Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Jawa Barat: Guepedia.
Asthiningsih, N. W. W., & Muflihatin, S. K. (2017). Gambaran Perkembangan Personal Sosial, Adaptif-Motorik Halus, Bahasa, dan Personal Sosial pada Anak Balita Dengan Metode DDST II di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1), 62–66. Retrieved from https://journals.umkt.ac.id/index.php/jik/article/download/52/31
Asthiningsih, N. W. W., & Muflihatin, S. K. (2018). Deteksi Dini Perkembangan Balita Dengan Metode Ddst Ii Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda. Jurnal Endurance, 3(2), 367. https://doi.org/10.22216/jen.v3i2.3149
Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.30994/jqwh.v4i1.104
Darmanto, F., Yuwono, C., Supriyono, S., Pamot, H., & Ichsandi, R. (2019). Analisis Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Denver Development Screening Test Motorik Kasar Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 2(2), 38. https://doi.org/10.26740/jses.v2n2.p38-43
Eekhout, I., & Van Buuren, S. (2021). Child development with the D-score: tuning instruments to unity. Gates Open Research, 5, 86. https://doi.org/10.12688/gatesopenres.13223.1
Evita, B., Nardina, A., Astuti, E. D., Suryana, S., Hapsari, W., Hasanah, L. N., & Nardina, E. A. (2021). Tumbuh Kembang Anak. Medan: Yayasan KIta Menulis.
Gunawan, Gladys & Destiana, R. (2018). Gambaran Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun. Sari Pediatri, 13(1), 21–25.
Hamdanesti, R., & Oresti, S. (2021). The Effectiveness of Comparison of the Use of the Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) with Denver II on Development Children aged 0-72 months in the Dadok Primary Health Center Work Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 11(December 2019), 114–121.
Hartinger, S. M., Nuño, N., Hattendorf, J., Verastegui, H., Karlen, W., Ortiz, M., & Mäusezahl, D. (2020). A factorial cluster-randomised controlled trial combining home-environmental and early child development interventions to improve child health and development: Rationale, trial design and baseline findings. BMC Medical Research Methodology, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12874-020-00950-y
Iasha, V. (2021). Penyelenggaraan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13–26. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/issue/view/908
Jasri, M., & Karim, A. (2020). Implementasi Metode Denver Developmental Screening Test Untuk Anamnesa Perkembagan Anak Pada Sistem Pakar. Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi Dan Manajemen (JATIM), 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31102/jatim.v1i1.754
Khoiriah, A. N., Fatmawati, F., & Gumanti, K. A. (2019). Perbedaan Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Antara Yang Mengikuti dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini di TK-IT Insan Permata Malang. Journal Of Issues In Midwifery, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2019.003.02.4
Kumar, N. T. A., Oliver, J. L., Lloyd, R. S., Pedley, J. S., & Radnor, J. M. (2021). The Influence of Growth, Maturation and Resistance Training on Muscle-Tendon and Neuromuscular Adaptations: A Narrative Review. Sports, 9(59).
Made, B. I., Adiputra, S., Trisnadewi, N. W., Putu, N., Oktaviani, W., Asnawati, S., Sianturi, E. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Masganti. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing
McDonough, D. J., Liu, W., & Gao, Z. (2020). Effects of Physical Activity on Children’s Motor Skill Development: A Systematic Review of Randomized Controlled Trials. BioMed Research International, 2020. https://doi.org/10.1155/2020/8160756
Meidina, N. F., Sulistyorini, L., & Juliningrum, P. P. (2020). Gambaran Perkembangan Motorik Kasar pada Balita Usia 1-3 Tahun dengan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Sumberjambe, Jember. Pustaka Kesehatan, 7(3), 164. https://doi.org/10.19184/pk.v7i3.10942
Munawaroh, nurwijayawati, I. (2019). Gambaran Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Dengan Metode Menggambar. Coping: Community of Publishing in Nursing, v.7, n. 1,51-58.
Nilawati, I. (2015). Gambaran Deteksi Dini Perkembangan Anak Usia 48 - 72 Bulan Berdasarkan DDST. Jurnal Kebidanan Besurek, 1(1), 38–46.
Nofianti, R., & Ria Astuti. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Norma. L, N. S., Mulat, T. C., & Srianingsihi, N. (2020). Perkembangan Adaptasi Sosial Anak Usia Toddler dan Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 467–472. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.325
Nouraey, P., Ayatollahi, M. A., & Moghadas, M. (2021). Late Language Emergence. Sultan Qaboos University Medical Journal [SQUMJ], 21(2), e182-190. https://doi.org/10.18295/squmj.2021.21.02.005
Noverina, A. & Olivia, F. (2012). Makanan Super Untuk Melejitkan Konsentrasi dan Kreativitas Anak. Jakarta: Elex Media Komputerindo.
Nugroho, H. S. (2009). Petunjuk Praktis Denver Screening Test. Jakarta: EGC.
Nurhidayah, I., Gunani, R. G., Ramdhanie, G. G., & Hidayati, N. (2020). Deteksi Dan Stimulasi Perkembangan Sosial Pada Anak Prasekolah: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 3(2), 42–58. https://doi.org/10.32584/jika.v3i2.786
Oktiawati, A., Nur Itsna, I., Putra Satria, R., & Ni’mah, J. (2020). Deteksi Dini Perkembangan Anak dengan DDST (Denver Development Screening Test) di RA/KBIT Siti Khodijah Slawi. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 106–115. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v1i2.37
Palupi, J., Maryanti, S. A., Subiastutik, E., Gumiarti, & Firmansyah, F. F. (2020). The effectiveness of literacy stimulation model based on multisensory development of the results of DDST. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012056
Panić, M., & Bouillet, D. (2021). Prevalence of behaviour problems in children within early childhood education and care institutions. Hrvatska Revija Za Rehabilitacijska Istrazivanja, 57(2), 73–91. https://doi.org/10.31299/hrri.57.2.5
Pransiska, Y. (2015). Perkembangan Anak Usia Toodler dengan Intervensi DDST dan SDIDTK. https://osf.io/scp2f/download/?format=pdf
Rambe, N., Sebayang, W., & Hutabarat, E. (2020). Pemantauan Perkembangan & Perkembangan Anak Berbasis Teknologi. Yogyakarta: Deepublish.
Sa’diyah, L. K. & Eka,V. (2017). Tumbuh Kembang Dan Toilet Trainning. Mojokerto: Karya Bina Sehat.
Sari, M., Effendi, D. & Wahyuni, G. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun. Jawa Tengah: NEM
Sembiring, J. B. (2019). Buku ajar Neonatus, Bayi, Balita, Anak Pra Sekolah - Google Books. Deepublish Publisher, 1–487. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Buku_ajar_Neonatus_Bayi_Balita_Anak_Pra/ZAyfDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Konsep+Tumbuh+Kembang+Anak&printsec=frontcover
Siti, B., Umami, F., Pramestiyani, M. & Sulistyawati, E. D. (2022). Ilmu Kesehatan Ibu dan Anak. Bandung: Media Sains Indonesia.
Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kemband Anak. Jakarta: EGC
Soetjiningsih, C. H. (2018). Seri psikologi perkembangan: perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir. Jakarta: Kencana.
Syarifah, A. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Anak Prasekolah dengan Paper Toys. Jawa Tengah: NEM.
Tambunan, E. S., & Ningsih, R. (2018). Tumbuh Kembang Optimal Anak. Malang: Wineka Media.
Thomson Delmar Learning. (2007). Children ’ S Development: Denver Screening. https://www.ccmedical.org/forms/1428352937_171971.pdf.
Widadi, S. yekti, Patimah, I., Nurani, Z., Safaat, R., Tri, E. N., Sofyan, A., … Suwandi, Y. (2020). Pemantauan Perkembangan Anak Dengan Ddst Ii Pgtk Paud Pelita Hati Rancabango Garut. Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK), 1(2), 44–51. https://doi.org/10.52841/jpmk.v1i2.119
Wijayanti, K., & Pangestu, L. B. (2018). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah Gross Motor Development Of Preschools Children. Proceeding Unissula Nursing Conference, 145–151.
Wilczyński, J., & Ślęzak, G. (2021). Level of vocabulary development and selected elements regarding sensory integration and balance in 5-year-old girls and boys. Children, 8(3), 1–12. https://doi.org/10.3390/children8030200