Main Article Content
Abstract
Keterbatasan waktu dan desain kegiatan yang kurang terstruktur menjadi problematika penerapan pembelajaran sains dengan pendekatan saintifik di TK Kartika Wirabuana 51 Kota Baubau. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran sains berbasis bahan sekitar melalui pendekatan saintifk untuk menstimualasi kemampuan saintifik anak di TK Kartika Wirabuana 51 Kota Baubau. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan partisipatori. Data-data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskripstif yakni direduksi, display dan verifikasi untuk menemukan hasil sesuai yang diharapkan. Adapun proses penerapan pembelajaran sains dengan pendekatan saintifik dimulai dari pemberian inspirasi awal terkait perkenalan alat dan bahan, desain kegiatan yang telah dirancang dilanjutkan dengan proses eksplorasi untuk menstimulasi kemampuan saintifik anak.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Amri, N. A., & Intisari, I. (2019). Pretend Play Sebagai Dasar Pengembangan Karakter Anak Usia Dini. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(1), 36. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.6864
- Andrianto, D. (2011). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar. 1–22.
- Angga Saputra, A. S., & Lalu Suryandi, L. S. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582
- Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331
- Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Syria Studies, 7(1), 37–72. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
- Hasiana, I., Aulia Insani, Aisyah, & Ahmad Fachrurrazi. (2020). Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini di Desa Tawar Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(1), 29–34. https://doi.org/10.36456/abadimas.v4.i1.a2379
- Imran, R. F., & Suryani, N. A. (2018). Pengenalan Sains Melalui Media Awetan Serangga ( Insektarium ) Pada Anak Usia Dini. 767–772.
- Izzuddin, A. (2021). E D I S I Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Oktober, 3(3), 542–557. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
- Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
- Librianty, H. D., & Susanti, N. (2021). Pendampingan Pengelolaan Pembelajaran dengan Kreasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7.
- Mariyana, R., & Setiasih, O. (2018). Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak. Pedagogia, 15(3), 241. https://doi.org/10.17509/pdgia.v15i3.11020
- Nurhafizah. (2017). Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak di Koto Tangah Padang. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b), 72–77.
- Rahmawati, S. (2020). Media Realia dalam Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Irfani, 16(1), 9–25. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1309
- Roza, M. M. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. Pesona Paud, 1(1), 1–11. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud
- Salem, V. E. T., Fathimah, S., Sidik, S., & Hasrin, A. (2021). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Pada Ibu-Ibu di Jemaat Nafiri Malalayang 1 ( Tinjauan Sosiologi Keluarga). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 561–566. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2305
- Smith, P. K., Bogin, B., & Bishai, D. (2005). Are Time Preference and Body Mass Index Associated? Evidence from the National Longitudinal Survey of Youth. Economics and Human Biology, 3(2 SPEC. ISS.), 259–270. https://doi.org/10.1016/j.ehb.2005.05.001
- Syaodih, E. (2003). Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak. Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak PERKEMBANGAN, 1–25.
- Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
- Yaswinda, Y. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22.
- Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228
References
Amri, N. A., & Intisari, I. (2019). Pretend Play Sebagai Dasar Pengembangan Karakter Anak Usia Dini. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(1), 36. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.6864
Andrianto, D. (2011). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar. 1–22.
Angga Saputra, A. S., & Lalu Suryandi, L. S. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582
Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331
Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Syria Studies, 7(1), 37–72. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Hasiana, I., Aulia Insani, Aisyah, & Ahmad Fachrurrazi. (2020). Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini di Desa Tawar Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(1), 29–34. https://doi.org/10.36456/abadimas.v4.i1.a2379
Imran, R. F., & Suryani, N. A. (2018). Pengenalan Sains Melalui Media Awetan Serangga ( Insektarium ) Pada Anak Usia Dini. 767–772.
Izzuddin, A. (2021). E D I S I Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Oktober, 3(3), 542–557. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Librianty, H. D., & Susanti, N. (2021). Pendampingan Pengelolaan Pembelajaran dengan Kreasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7.
Mariyana, R., & Setiasih, O. (2018). Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak. Pedagogia, 15(3), 241. https://doi.org/10.17509/pdgia.v15i3.11020
Nurhafizah. (2017). Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak di Koto Tangah Padang. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b), 72–77.
Rahmawati, S. (2020). Media Realia dalam Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Irfani, 16(1), 9–25. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1309
Roza, M. M. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. Pesona Paud, 1(1), 1–11. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud
Salem, V. E. T., Fathimah, S., Sidik, S., & Hasrin, A. (2021). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Pada Ibu-Ibu di Jemaat Nafiri Malalayang 1 ( Tinjauan Sosiologi Keluarga). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 561–566. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2305
Smith, P. K., Bogin, B., & Bishai, D. (2005). Are Time Preference and Body Mass Index Associated? Evidence from the National Longitudinal Survey of Youth. Economics and Human Biology, 3(2 SPEC. ISS.), 259–270. https://doi.org/10.1016/j.ehb.2005.05.001
Syaodih, E. (2003). Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak. Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak PERKEMBANGAN, 1–25.
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Yaswinda, Y. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22.
Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228