Main Article Content
Abstract
Artikel ini mendeskripsikan upaya SLB Kolaka Cemerlang terhadap pembelajaran huruf hijaiah. Aspek-aspek yang didalami adalah: gambaran umum SLB Kolaka Cemerlang, pemahaman dan penerapan metode ACQ, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan. Data diperoleh melalui: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya: pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Penelitian ini menunjukkan: 1) SLB Kolaka Cemerlang menggunakan kurikulum 2013, hanya saja, Kompetensi Dasar kurikulumnya dilakukan melalui pendekatan terintegrasi (integrated curriculum), 2)Pemahaman peserta didik secara garis besar mampu memahami metode ACQ, sedang penerapannya masih perlu pendampingan, 3)Faktor pendukung, pendidik memahami metode ACQ dengan baik, sedang penghambatnya adalah jenis kebutuhan khusus peserta didik berbeda-beda. Kajian ini merekomendasikan perlunya penelitian lanjutan tentang daya hafalan anak berkebutuhan khusus.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Asep Karyana, & Sri Widati. (2019). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa (Cet.II). Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
- Bilqis. (2012). Memahami Anak Tunawicara (Cet.I). Yogyakarta: Familia.
- Deden Kaswara. (2016). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis (Cet.II). Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media,.
- Deden Saeful Hidayat, & Wawan. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunalaras. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
- Devi Kurnia Khikmawati, Tina Indri Astuti, & Any Novitasari. (2020). Penerapan E-Learning pada Sekolah Luar Biasa (SLB). Dialektika, 7(1), 29–43. Retrieved from https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/view/13584/pdf
- E. Sen & S. Yurtsever. (2007). Difficulties Experienced by Families with Disabled Children. Journal for Specialist in Pediatric Nursing. 12(4), 238-52. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1111/j.1744-6155.2007.00119.x
- Esthy Wikasanti. (2014). Pengembangan Life Skills untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Redaksi Maxima.
- Haenuddin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
- Handari Nabawi. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Press.
- I Nyoman Bayu Pramartha. (2015). Sejarah dan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar Bali. Jurnal Historia, 3(5), 68–74. Retrieved from https://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/sejarah/article/view/274/235
- K.E. Allen & Schwartz. (2001). The Exceptional child: Inclusion in early childhood education (4thed). New York: Thomson Learning Inc.
- Kemis, & Ati Rosnawati. (2020). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita (Cet.II). Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
- Lembaga Bahtsul Masail PBNU, Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M), & Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) Unibraw. (2018). Fiqh Penguatan Penyandang Disabilitas (Cet.I). Jakarta: Lembaga Bahtsul Masail PBNU.
- Luthfi Farihatun Nisa' & Muhammad Alwan Nursuhaida. (2021). Kajian Metode ACQ (Aku Cinta al-Qur'an): Menghafal al-Qur'an dan Bahasa Arab Menggunakan Gerakan Tangan dan Tubuh untuk Anak Sekolah Dasar dan Sederajat. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V Tahun 2021 HMJ Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. 5(1), 494-503. Retrieved from file:///Users/user/Downloads/832-1612-1-SM%20(1).pdf
- M. Zakariah, & M. Askari Zakariah. (2021). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Tesis dan Disertasi (Cet.1). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren al-Mawaddah Warrahmah.
- Mohammad Efendi. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Nurul Siva. (2021). Implementasi Metode Iqro pada Pembelajaran al-Qur’an untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLBN Gending Probolinggo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
- R.J. Scharf, A. Maphula, P.C. Sharestha, R. Matherne, G.P, R. Roshan, & B. Koshy. (2017). Global Disability: Empowering Children of all Abilities. Pediatric Clinics of North America. 64(4), 769-784. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0031395517300342?via%3Dihub
- Ririn Oktavia Hasan. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Media Papan Magnetik pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas VI SLB Karya Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 5(2), 115–125. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/8576/6585
- Sa’diah Lanre Said. (2014). Ayo Belajar Huruf Hijaiyah bersama Metode ACQ. Sulawesi Selatan: Lembaga Aku Cinta al-Qur’an.
- Sarifah. (2020). Penggunaan Komunikasi Non Verbal untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah al-Ikhlas pada Peserta Didik Kelas II MI DDI Teppo Kab. Pinrang. IAIN Pare-Pare, Pare-Pare.
- Sip J. Pijl & Dorien Hamstra. (2005). Assessing Pupil Development and Education in an Inclusive Setting. International Journal of Inclusive Education. 9(2), 181-192. Retrieved from https://doi.org/10.1080/1360311042000331192
- Siti Fatimah Mutia Sari, Binahayati, & Budi Muhammad Taftazani. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita: Studi Kasus Tunagrahita Sedang di SLB N Purwakarta. Jurnal Penelitian & PKM, 4(2), 129–389. Retrieved from https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/14273/6900
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Teguh Arafah Julianto. (2020). Metode Menghafal dan Memahami al-Qur’an bagi Anak Usia Dini melalui Metode Gerakan Isyarat ACQ. Journal of Islamic Education, 3(1), 71–84. Retrieved from https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro/article/view/1439/1011
- Wahbah al-Zuhaili. (1418). at-Tafsir al-Munir. Damaskus: Dar al-Fikr al-Muashir.
- Yapina Widyawati & Felicia. (2017). The Description Of Teachers' Stressor And Manifestation Of Special Needs Teachers In Inclusive And Special Schools In Jakarta. International Journal of Indonesian Education and Teaching. 1(1), 78. Retrieved from file:///Users/user/Downloads/327-834-2-PB%20(2).pdf
References
Asep Karyana, & Sri Widati. (2019). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa (Cet.II). Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
Bilqis. (2012). Memahami Anak Tunawicara (Cet.I). Yogyakarta: Familia.
Deden Kaswara. (2016). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis (Cet.II). Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media,.
Deden Saeful Hidayat, & Wawan. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunalaras. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
Devi Kurnia Khikmawati, Tina Indri Astuti, & Any Novitasari. (2020). Penerapan E-Learning pada Sekolah Luar Biasa (SLB). Dialektika, 7(1), 29–43. Retrieved from https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/view/13584/pdf
E. Sen & S. Yurtsever. (2007). Difficulties Experienced by Families with Disabled Children. Journal for Specialist in Pediatric Nursing. 12(4), 238-52. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1111/j.1744-6155.2007.00119.x
Esthy Wikasanti. (2014). Pengembangan Life Skills untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Redaksi Maxima.
Haenuddin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
Handari Nabawi. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Press.
I Nyoman Bayu Pramartha. (2015). Sejarah dan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar Bali. Jurnal Historia, 3(5), 68–74. Retrieved from https://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/sejarah/article/view/274/235
K.E. Allen & Schwartz. (2001). The Exceptional child: Inclusion in early childhood education (4thed). New York: Thomson Learning Inc.
Kemis, & Ati Rosnawati. (2020). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita (Cet.II). Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
Lembaga Bahtsul Masail PBNU, Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M), & Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) Unibraw. (2018). Fiqh Penguatan Penyandang Disabilitas (Cet.I). Jakarta: Lembaga Bahtsul Masail PBNU.
Luthfi Farihatun Nisa' & Muhammad Alwan Nursuhaida. (2021). Kajian Metode ACQ (Aku Cinta al-Qur'an): Menghafal al-Qur'an dan Bahasa Arab Menggunakan Gerakan Tangan dan Tubuh untuk Anak Sekolah Dasar dan Sederajat. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V Tahun 2021 HMJ Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. 5(1), 494-503. Retrieved from file:///Users/user/Downloads/832-1612-1-SM%20(1).pdf
M. Zakariah, & M. Askari Zakariah. (2021). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Tesis dan Disertasi (Cet.1). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren al-Mawaddah Warrahmah.
Mohammad Efendi. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurul Siva. (2021). Implementasi Metode Iqro pada Pembelajaran al-Qur’an untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLBN Gending Probolinggo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
R.J. Scharf, A. Maphula, P.C. Sharestha, R. Matherne, G.P, R. Roshan, & B. Koshy. (2017). Global Disability: Empowering Children of all Abilities. Pediatric Clinics of North America. 64(4), 769-784. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0031395517300342?via%3Dihub
Ririn Oktavia Hasan. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Media Papan Magnetik pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas VI SLB Karya Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 5(2), 115–125. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/8576/6585
Sa’diah Lanre Said. (2014). Ayo Belajar Huruf Hijaiyah bersama Metode ACQ. Sulawesi Selatan: Lembaga Aku Cinta al-Qur’an.
Sarifah. (2020). Penggunaan Komunikasi Non Verbal untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah al-Ikhlas pada Peserta Didik Kelas II MI DDI Teppo Kab. Pinrang. IAIN Pare-Pare, Pare-Pare.
Sip J. Pijl & Dorien Hamstra. (2005). Assessing Pupil Development and Education in an Inclusive Setting. International Journal of Inclusive Education. 9(2), 181-192. Retrieved from https://doi.org/10.1080/1360311042000331192
Siti Fatimah Mutia Sari, Binahayati, & Budi Muhammad Taftazani. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita: Studi Kasus Tunagrahita Sedang di SLB N Purwakarta. Jurnal Penelitian & PKM, 4(2), 129–389. Retrieved from https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/14273/6900
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Teguh Arafah Julianto. (2020). Metode Menghafal dan Memahami al-Qur’an bagi Anak Usia Dini melalui Metode Gerakan Isyarat ACQ. Journal of Islamic Education, 3(1), 71–84. Retrieved from https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro/article/view/1439/1011
Wahbah al-Zuhaili. (1418). at-Tafsir al-Munir. Damaskus: Dar al-Fikr al-Muashir.
Yapina Widyawati & Felicia. (2017). The Description Of Teachers' Stressor And Manifestation Of Special Needs Teachers In Inclusive And Special Schools In Jakarta. International Journal of Indonesian Education and Teaching. 1(1), 78. Retrieved from file:///Users/user/Downloads/327-834-2-PB%20(2).pdf