Main Article Content
Abstract
Hasil belajar terkait dengan sistem penilaian seorang guru, yang tentunya harus dipahami dan dilaksanakan sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar IPS dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah 24 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner, serta dokumentasi yang dianalisis deskriptif statistik. Uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Dalam pengujian hipotesis meliputi uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antaya hasil belajar mata pelajaran IPS dengan motivasi belajar siswa dengan nilai klasifikasi hasil belajar sebesar 41,67% dengan nilai korelasi sebesar 0,754 dan sig. sebesar 0,000>0.05, dengan kualifikasi motivasi belajar siswa sebesar 62.5%, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar pada mata pelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
