Main Article Content

Abstract

Hasil belajar terkait dengan sistem penilaian seorang guru, yang tentunya harus dipahami dan dilaksanakan sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar IPS dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah 24 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner, serta dokumentasi yang dianalisis deskriptif statistik. Uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Dalam pengujian hipotesis meliputi uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antaya hasil belajar mata pelajaran IPS dengan motivasi belajar siswa dengan nilai klasifikasi hasil belajar sebesar 41,67% dengan nilai korelasi sebesar 0,754 dan sig. sebesar 0,000>0.05, dengan kualifikasi motivasi belajar siswa sebesar 62.5%, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar pada mata pelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa

Keywords

Hasil Belajar Pelajaran IPS Motivasi Belajar

Article Details

Author Biography

Muhamad Nur Intan Ode, Universitas Muhammadiyah Buton

Mohon ditindaklanjuti

How to Cite
Ode, M. N. I. (2022). Hubungan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(4), 716–723. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i4.2267