Main Article Content

Abstract

Perlu penyesuaian model pembelajaran setelah pandemi covid. Saat pandemi covid peserta didik  terbiasa dengan pembelajaran daring atau jarak jauh yang akrab dengan penggunaan internet. Dalam pembelajaran setelah pandemi yang dikenal dengan istilah era new normal, mulai diberlakukan pembelajaran tatap muka dengan durasi waktu yang singkat dan terbatas. Dengan kondisi tersebut perlu pemilihan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Flipped classroom menjadi alternatif model pembelajaran era new normal yang layak dipraktikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian library research, yang mengambil data-data dari penelitian sebelumnya sesuai dengan tema yang dibahas dalam penelitian ini. Model flipped classroom akan lebih efektif jika dipadukan dengan model-model pembelajaran seperti realistic matematik, untuk pelajaran matematika.

Keywords

Era New Normal Flipped Classroom Model Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Hidayat, A., & Ningsih, T. (2022). Flipped Classroom Model Pembelajaran Era New Normal. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(3), 649–660. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i3.2210

References

  1. Durrani, U. K., Al Naymat, G., Ayoubi, R. M., Kamal, M. M., & Hussain, H. (2022). Gamified flipped classroom versus traditional classroom learning: Which approach is more efficient in business education? The International Journal of Management Education, 20(1), 100595.
  2. Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1–12.
  3. Sigalingging, R. F., & Budiningsih, C. A. (2022). Flipped Classroom Learning Model to Increase Learning Passion at the Demangan State Elementary School. 363–368.
  4. Bariroh, V., & Setiawan, A. C. (n.d.). Evaluasi Hasil Belajar Penerapan Flipped Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran.
  5. Cacik, S., Pratama, F. Y., & Agustin, I. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid-19. JPB-Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 11–17.
  6. Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928–1934.
  7. Durrani, U. K., Al Naymat, G., Ayoubi, R. M., Kamal, M. M., & Hussain, H. (2022). Gamified flipped classroom versus traditional classroom learning: Which approach is more efficient in business education? The International Journal of Management Education, 20(1), 100595.
  8. Gawise, G., Tarno, T., & Lestari, A. A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Model Flipped Clasrooom masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 246–254.
  9. Du, Shi-Chun, Ze-Tian Fu, & Yi Wang. 2014. The Flipped Classroom-Advantages and Challenges. Pp. 17–20 in International Conference on Economic Management and Trade Cooperation. Vol. 107.
  10. Durrani, Usman Khan, Ghazi Al Naymat, Rami M. Ayoubi, Muhammad Mustafa Kamal, & Hanan Hussain. 2022. Gamified Flipped Classroom versus Traditional Classroom Learning: Which Approach Is More Efficient in Business Education? The International Journal of Management Education 20(1):100595.
  11. Hatanti, Umi, Iis Holisin, & Endang Suprapti. 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi WhatsApp Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Education and Teaching (JET) 3(1):12–23.
  12. Hidayat, Arif, & Fauzi Fauzi. 2022. Pendampingan Residensial Semi Homeschooling Pembelajaran Daring Anak Yatim-Piatu Di Era New Normal. Jurnal Basicedu 6(3):4101–10.
  13. Mujiono, N. F. N. 2021. Flipped Classroom: Sekolah Tanpa Pekerjaan Rumah. Jurnal Teknodik 67–79.
  14. Rizkiyanti, Rizka, Firmanul Catur Wibowo, & Agus Setyo Budi. 2022. Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Dengan Pendekatan Flipped Classroom Pada Materi Elastisitas. in Vol. 10.
  15. HS, D. W. S., & Sagala, R. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dan Model Konvensional. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1).
  16. Maknun, L., & Kamila, H. (2022). Model Pembelajaran dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal pada Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 684–691.
  17. Marcellyna, M., & Desyandri, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Dengan Sistem Flipped Classroom Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1).
  18. Mok, H. N. (2014). Teaching tip: The flipped classroom. Journal of Information Systems Education, 25(1), 7.
  19. Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9–16.
  20. Ozdamli, F., & Asiksoy, G. (2016). Flipped classroom approach. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 8(2), 98–105.
  21. Palangngan, S. T. (2022). Pendampingan Belajar bagi Anak-anak usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19: Pendampingan Belajar bagi Anak-anak usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), 402–409.
  22. Patimah, E., & Sumartini, S. (2022). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring: Literature Review. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 993–1005.
  23. Pratiwi, K. A. M. (2022). Efektivitas Flipped Classroom Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 73–82.
  24. Purnawati, N. W., & Soter, I. K. (2021). Analisis Model Virtual Flipped Classroom pada Pendidikan Sekolah Dasar. 3, 153–166.
  25. Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6.
  26. Rizkiyanti, R., Wibowo, F. C., & Budi, A. S. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Dengan Pendekatan Flipped Classroom Pada Materi Elastisitas. 10.
  27. Rohmatulloh, R., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. EDUKATIF: Jurnal Ilmu PendidikaN, 4(1), 436–442.
  28. Senali, M. G., Iranmanesh, M., Ghobakhloo, M., Gengatharen, D., Tseng, M.-L., & Nilsashi, M. (2022). Flipped classroom in business and entrepreneurship education: A systematic review and future research agenda. The International Journal of Management Education, 20(1), 100614.
  29. Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Retrieved from: Http://Smacepiring. Wordpress.com.
  30. Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20–28.
  31. Utaminingtyas, S., & Evitasari, A. D. (n.d.). Pendampingan Belajar Blended Learning dengan Model Flipped Classroom Dimasa Pandemi Untuk Siswa Sekolah Dasar. DEDIKASI: Community Service Reports, 4(1).
  32. Yudianda, E., Cahyani, I., & Abidin, Y. (2022). Model Pembelajaran Kelas Terbalik Berbasis Literasi Digital: Studi Pengembangan untuk Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 97–107.