Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Fluida pada siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 2 Baubau. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Baubau, pada bulan Pebruari–April (semester genap tahun pelajaran 2013/2014). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA-2 di SMA Negeri 2 Baubau yang terdiri dari 42 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar materi fluida pada siswa kelas XI IPA-2 pada SMA Negeri 2 Baubau Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 0% (sebelum tindakan) menjadi 57,13% (siklus I) dan menjadi 78,57% (siklus II). Rerata nilai siswa meningkat dari 58,60 (sebelum tindakan) menjadi 63,64 (siklus I) dan menjadi 78,57 (siklus II).
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
