Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Fluida pada siswa kelas XI IPA-2  SMA Negeri 2 Baubau. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Baubau, pada bulan   Pebruari–April (semester genap tahun pelajaran 2013/2014). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA-2  di SMA Negeri 2 Baubau  yang terdiri dari 42  siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar materi fluida pada siswa kelas XI IPA-2 pada SMA Negeri 2 Baubau Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 0% (sebelum tindakan) menjadi 57,13% (siklus I) dan menjadi 78,57% (siklus II). Rerata nilai siswa meningkat dari 58,60 (sebelum tindakan) menjadi 63,64 (siklus I) dan menjadi 78,57 (siklus II).

Keywords

fluida, pendekatan, Jigsaw

Article Details

How to Cite
Salamah, U. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FLUIDA PADA SISWA KELAS XI IPA-2 SMA NEGERI 2 BAUBAU. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 2(2), 59–71. https://doi.org/10.35326/pencerah.v2i2.204