Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 7 Baubau dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan pengaruh kemampuan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 7 Baubau dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi model pembelajaran dan kemampuan mengajar guru, masing-masing secara terpisah mempunyai pengaruh yang signifikaan terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaraan Bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Baubau. Dari hasil analisis diperoleh dua hal yang menjadi prioritas utama untuk dimasukkan dalam penyusunan strategi peningkatan motivasi belajar siswa SMP Negeri 7 Baubau dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu perbaikan/peningkatan kualitas ataupun kuantitas sarana pembelajaran bahasa Indonesia, serta kemampuan mengajar guru dan variasi model pembelajarn. Sedangka prioritas kedua adalah peningkatan/perbaikan kualifikasi dan rasio jumlah guru terhadap jumlah siswa.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
