Main Article Content
Abstract
Tingginya IPK yang diperoleh mahasiswa adalah indikator keberhasilan dalam dunia akademik. Salah satunya adalah mahasiswa pendidikan Agama Islam yang cenderung dituntut belajar agama Islam. Hasil belajar mereka dibuktikan dengan level IPK. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan determinan nilai indeks prestasi mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di STAIN Majene dengan sampel penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Jumlah sampel sebanyak 133 mahasiswa Metode penelitian yang digunakan adalah metode pohon regresi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa determinan yang paling berkontribusi mempengaruhi nilai IPK mahasiswa Pendidikan Agama Islam adalah biaya SPP, jalur masuk PTKIN, dan alat transportasi. Sedangkan variabel penghasilan rata-rata keluarga pendidikan serta pekerjaan Ayah dan status penerima beasiswa adalah determinan yang kurang berkontribusi dalam mempengaruhi nilai IPK mahasiswa pendidikan agama Islam.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
References
- Chaplin, J. . (2006). Kamus Lengkap Psikologi. PT. PT. Raja Grafindo Persada.
- Hanifah, & Abdullah, S. (2017). Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Media Riset Akuntansi, Auditing Dan Informasi, 1(3). https://doi.org/10.25105/mraai.v1i3.1767
- Hendikawati, P. (2011a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v2i1.1243
- Hendikawati, P. (2011b). Studi Komparatif Pengaruh Motivasi, Perilaku Belajar, Self-Efficancy dan Status Kerja Terhadap Prestasi Akademik Antara Mahasiswa Bekerja dan Mahasiswa TidakBekerja. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1).
- Indriana, D., Widowati, A. I., & Surjawati, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik : Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1). https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i1.557
- Junaidah, & Ayu, S. M. (2019). Strategi Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Dalam Meningkatkan Akreditasi Prodi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2).
- Karyanus, D., Ujian, S., & Asima, M. (2013). ANALISIS STATISTIK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI MAHASISWA. Saintia Matematika, 1(5).
- Lewis, R. J., Ph, D., & Street, W. C. (2000). An Introduction to Classification and Regression Tree ( CART ) Analysis. 2000 Annual Meeting of the Society for Academic Emergency Medicine, 310.
- Loh, W. Y. (2011). Classification and regression trees. Wiley Interdisciplinary Reviews: Data Mining and Knowledge Discovery, 1(1). https://doi.org/10.1002/widm.8
- Muhibbin, S. (2007). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.
- Predy, M., Sutarto, J., Prihatin, T., & Yulianto, A. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital ( Society 5 . 0 dan Revolusi Industri 4 . 0 ) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia.
- Rao, V. (2013). Introduction to Classification & Regression Trees (CART) [online]. In Data Science Central.
- Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, K. (2016). Prestasi Akademik Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3).
- Setyawati, D. U., Korida, B. D., & Febrilia, B. R. A. (2020). Analisis Regresi Logistik Ordinal Faktor-Faktor yang Mempengaruhi IPK Mahasiswa. Jurnal Varian, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.30812/varian.v3i2.615
- Sihite, D. R. D. B., & Pratiwi, N. (2018). Analisis Jalur Terhadap Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa. Jurnal Statistika Industri Dan Komputasi, 3(1), 31–39.
- Siregar, N. (2017). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia. JURNAL DIVERSITA, 3(1). https://doi.org/10.31289/diversita.v3i1.1178
- Tampil, Y., Komaliq, H., & Langi, Y. (2017). Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado. D’CARTESIAN, 6(2), 56. https://doi.org/10.35799/dc.6.2.2017.17023
References
Chaplin, J. . (2006). Kamus Lengkap Psikologi. PT. PT. Raja Grafindo Persada.
Hanifah, & Abdullah, S. (2017). Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Media Riset Akuntansi, Auditing Dan Informasi, 1(3). https://doi.org/10.25105/mraai.v1i3.1767
Hendikawati, P. (2011a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v2i1.1243
Hendikawati, P. (2011b). Studi Komparatif Pengaruh Motivasi, Perilaku Belajar, Self-Efficancy dan Status Kerja Terhadap Prestasi Akademik Antara Mahasiswa Bekerja dan Mahasiswa TidakBekerja. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1).
Indriana, D., Widowati, A. I., & Surjawati, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik : Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1). https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i1.557
Junaidah, & Ayu, S. M. (2019). Strategi Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Dalam Meningkatkan Akreditasi Prodi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2).
Karyanus, D., Ujian, S., & Asima, M. (2013). ANALISIS STATISTIK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI MAHASISWA. Saintia Matematika, 1(5).
Lewis, R. J., Ph, D., & Street, W. C. (2000). An Introduction to Classification and Regression Tree ( CART ) Analysis. 2000 Annual Meeting of the Society for Academic Emergency Medicine, 310.
Loh, W. Y. (2011). Classification and regression trees. Wiley Interdisciplinary Reviews: Data Mining and Knowledge Discovery, 1(1). https://doi.org/10.1002/widm.8
Muhibbin, S. (2007). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Predy, M., Sutarto, J., Prihatin, T., & Yulianto, A. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital ( Society 5 . 0 dan Revolusi Industri 4 . 0 ) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Rao, V. (2013). Introduction to Classification & Regression Trees (CART) [online]. In Data Science Central.
Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, K. (2016). Prestasi Akademik Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3).
Setyawati, D. U., Korida, B. D., & Febrilia, B. R. A. (2020). Analisis Regresi Logistik Ordinal Faktor-Faktor yang Mempengaruhi IPK Mahasiswa. Jurnal Varian, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.30812/varian.v3i2.615
Sihite, D. R. D. B., & Pratiwi, N. (2018). Analisis Jalur Terhadap Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa. Jurnal Statistika Industri Dan Komputasi, 3(1), 31–39.
Siregar, N. (2017). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia. JURNAL DIVERSITA, 3(1). https://doi.org/10.31289/diversita.v3i1.1178
Tampil, Y., Komaliq, H., & Langi, Y. (2017). Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado. D’CARTESIAN, 6(2), 56. https://doi.org/10.35799/dc.6.2.2017.17023