Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan jarimatika dalam melakukan operasi perkalian pada bilangan cacah pada siswa kelas II SD Negeri 2 Bungi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan penggunaan jarimatika pada mata pelajaran Matematika materi operasi hitung perkalian bilangan cacah, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berikut persentase nilai ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan II. Persentase ketuntasan belajar (Pratindakan 33,3%, nilai rata-rata 56,06); Persentase ketuntasan belajar (Siklus I 38,5%, nilai rata-rata 58,13); dan Persentase ketuntasan belajar (Siklus II 85%, nilai rata-rata 86).

Keywords

hasil belajar, jarimatika, meningkat

Article Details

How to Cite
Esi, L. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI PERKALIAN PADA BILANGAN CACAH DENGAN JARITMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 BUNGI. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.35326/pencerah.v2i1.187