Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik supervisi CLCK dalam meningkatkan  kompetensi guru dalam menyusun RPP di MAN 1 Buton Tengah. Subjek penelitian adalah  guru-guru bidang studi  Rumpun PAI sebanyak 10 orang dan pengawas MAN 1 Buton Tengah.  Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi akademik dengan menggunakan teknik supervisi CLCK (Contoh, Latihan, Control dan Kerja Mandiri) dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP  guru MAN 1 Buton Tengah tahun 2016. Pendapat guru tentang pelaksanaan supervisi akademik dengan menggunakan teknik supervisi CLCK baik.

Keywords

teknik supervisi, CLCK, kompetensi guru

Article Details

How to Cite
khalifa, K. (2016). MENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MADRASAH ALIAH NEGERI 1 BUTON TENGAH DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI TEKNIK SUPERVISI CONTOH, LATIHAN, CONTROL, DAN KERJA MANDIRI. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.35326/pencerah.v2i1.186