Main Article Content
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, membawa dampak besar bagi pelaksanaan pendidikan khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat. Sekolah-sekolah dituntut untuk beradaptasi dan menyiapkan diri menuju digitalisasi sekolah yang merupakan program prioritas dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan digitalisasi sekolah untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sumbawa Barat. Metode yang dilakukan dalam penelitian kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Adapun variabel yang diukur merupakan faktor kesiapan digitalisasi sekolah meliputi faktor kesiapan infrastruktur, faktor kesiapan guru serta faktor kesiapan siswa. Hasil dari penelitian ini diperoleh skor rata-rata 3.60 dari skala 1 – 5 (kategori Siap dengan sedikit perbaikan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah sekolah-sekolah di Kabupaten Sumbawa Barat khususnya jenjang SMP telah siap untuk menerapkan digitalisasi sekolah dengan beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat untuk menyusun kebijakan terkait penerapan digitalisasi sekolah.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
References
- Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Digitalisasi Dalam Proses Pembelajaran Dan. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, June, 8. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i1.2815
- Aydin, C. H., & Tasci, D. (2005). Measuring readiness for e-learning: Reflections from an emerging country. Educational Technology and Society, 8(4), 244–257.
- Dewanti, A. K. (2020). Efektifitas Program Digitalisasi Sekolah. Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik, 0(0). http://research-report.umm.ac.id/index.php/API-BAA/article/view/4096
- Efendi, N. M. (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start UP Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173–182. https://doi.org/10.20961/HABITUS.V2I2.28788
- Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1. https://doi.org/10.21831/JPTK.V21I3.3255
- Hermawansyah, H. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Sekolah Berbasis Digitalisasi di Era Covid -19. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 12(1), 27–46. https://doi.org/10.47625
- Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1454
- Hijazi, D., & Alnatour, A. (2021). Online learning challenges affecting students of english in an efl context during covid-19 pandemic. International Journal of Education and Practice, 9(2), 379–395. https://doi.org/10.18488/journal.61.2021.92.379.395
- Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
- Sekolah Melalui Pengembangan Website dan Layanan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi Murhadi, D. (2019). Digitalisasi Sekolah Melalui Pengembangan Website dan Layanan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. INTEK : Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(2), 62–69. https://doi.org/10.37729/INTEK.V2I2.567
- Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Uhyat, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. 283–393.
- Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, Desember, 1–17.
References
Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019). Digitalisasi Dalam Proses Pembelajaran Dan. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, June, 8. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i1.2815
Aydin, C. H., & Tasci, D. (2005). Measuring readiness for e-learning: Reflections from an emerging country. Educational Technology and Society, 8(4), 244–257.
Dewanti, A. K. (2020). Efektifitas Program Digitalisasi Sekolah. Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik, 0(0). http://research-report.umm.ac.id/index.php/API-BAA/article/view/4096
Efendi, N. M. (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start UP Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173–182. https://doi.org/10.20961/HABITUS.V2I2.28788
Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1. https://doi.org/10.21831/JPTK.V21I3.3255
Hermawansyah, H. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Sekolah Berbasis Digitalisasi di Era Covid -19. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 12(1), 27–46. https://doi.org/10.47625
Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1454
Hijazi, D., & Alnatour, A. (2021). Online learning challenges affecting students of english in an efl context during covid-19 pandemic. International Journal of Education and Practice, 9(2), 379–395. https://doi.org/10.18488/journal.61.2021.92.379.395
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Sekolah Melalui Pengembangan Website dan Layanan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi Murhadi, D. (2019). Digitalisasi Sekolah Melalui Pengembangan Website dan Layanan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. INTEK : Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(2), 62–69. https://doi.org/10.37729/INTEK.V2I2.567
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Uhyat, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. 283–393.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, Desember, 1–17.