Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dasar fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Baubau dengan menggunakan pembelajaran modul praktikum fisika berbasis kompetensi dengan siklus belajar experential. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 41 siswa semester II. Penelitian tindakan ini terdiri dua siklus. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, tes keterampilan dalam aspek psikomotor, lembar observasi untuk aspek afektif, dan angket untuk respon siswa. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan modul praktikum fisika. Hasil analisis terhadap respon siswa menunjukkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
