Main Article Content

Abstract

Matematika adalah salah satu pelajaran paling penting yang harus dipelajari anak-anak. Namun di masa pandemi COVID-19, sistem pendidikan memperkenalkan pembelajaran online, di mana semua proses pembelajaran dilakukan di rumah dengan bantuan jaringan dan teknologi sehingga peran orang tua paling signifikan dalam proses belajar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan dampak dari bantuan orang tua pada pembelajaran online terhadap keberhasilan siswa. Pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan analisis uji prasyarat (menggunakan bantuan SPSS), yaitu uji normalitas (bantuan orang tua ditunjukkan dengan sig 0,081>0,05 dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan sig 0,052>0,5, maka data berdistribusi normal), dengan menggunakan koefisien korelasi (hitungan R = 0,967 yang artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara pendampingan orang tua dalam pembelajaran online dengan prestasi belajar siswa). Sedangkan koefisien determinan R2 = 0,936, artinya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 93,6 persen, dengan sisanya 6,4 persen dipengaruhi variabel lain) dan rumus regresi linier sederhana (diperoleh persamaan regresi pengaruh pendampingan orang tua pada prestasi belajar siswa). Y=20.656+0.695X, menunjukkan bahwa setiap penambahan nilai pendampingan orang tua meningkatkan nilai prestasi belajar), dan nilai t-hitung sebesar 22.915 dengan nilai signifikansi 0,000 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan. Di SDN 1 Baadia, terdapat hubungan yang kuat dan pengaruh yang cukup besar antara bantuan orang tua dalam pembelajaran online dan kemajuan siswa.

Keywords

Pendampingan Orang Tua Pembelajaran Daring Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Rimayasi, R. (2022). Pengaruh Pendampingan Orang Tua pada Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Baadia. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(2), 421–429. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i2.1370

References

  1. Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
  2. Cahyani, A. D., Yulianingsih, W., & Roesminingsih, M. (2021). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 6, Issue 2, pp. 1054–1069). scholar.archive.org. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1130
  3. Dewi, E. U. (2020). Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.47560/kep.v9i1.210
  4. Fauzyah, G. A. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh pendampingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 197–206. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/15872
  5. Hakim, L. (2020). Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 192–220. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/3583
  6. Handayani, S., & Sholikhah, N. (2021). Pengaruh antara Self Efficacy dan Self Regulated Learning terhadap prestasi belajar mahasiswa selama pembelajaran daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1373–1382. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/553
  7. Lawelai, H. (2022). Sosialisasi Pentingnya Vaksin Covid-19 Dan Pembagian Masker Dalam Rangka Adaptasi Di Era New Normal. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1873–1880.
  8. Nazar, A., Ibrahim, F., & Naim, S. S. (2022). Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–83.
  9. Nugroho, A., Hawanti, S., & Pamungkas, B. T. (2021). Kontribusi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1690–1699. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/969
  10. Nurpratiwiningsih, L., Yuliyanti, N., & Yuli Kurniawan, P. (2021). Sosialisasi Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid 19. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.346
  11. Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3259
  12. Sadat, A., Wijaya, A. A. M., Lawelai, H., Asrin, A., Nurlinda, N., Saputri, M. M., Nursalin, N., & Yanto, L. (2021). Efforts to increase public knowledge regarding the prevention of covid-19 in Baubau City. In Community Empowerment (Vol. 6, Issue 7, pp. 1106–1116). https://doi.org/10.31603/ce.4904
  13. Simanjuntak, M. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 103–112. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729
  14. Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 7(1), 122–127. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/882
  15. Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/872