Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi schology dalam pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar pada mahasiswa POR UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2017-2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 220 mahasiwa,Instrumen penelitian terdiri dari observasi, angket, dan wawancara, sedangkan untuk teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan systematic random sampling dengan jenis pengambilan acak sistematis.. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket dan wawancara sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menganalisis data-data yang telah dikumpulkan kemudian dideskripsikan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi schoology dalam proses pembelajaran membantu mahasiswa meningkatkan motivasi dalam belajar dengan perolehan  presentase rata-rata penggunaan aplikasi schoology sebesar 76,82% kategori setuju, sedangkan presentase hasil rata-rata motivasi belajar sebesar 73,18% kategpri setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan perolehan hasil presentase yang signifikan antara penggunaan aplikasi schoology dan motivasi belajar terdapat adanya peningkatan motivasi belajar pada mahasiswa POR UMS dengan menggunakan aplikasi schoology dalam proses pembelajaran berlangsung.

Keywords

Scholoogy Motivasi Belajar POR UMS

Article Details

How to Cite
Sudarmanto, E., Nurhidayat, N., Jariono, G., Kurniawan, A. T., & Anisa, M. N. (2021). Penggunaan Aplikasi Schoology dalam Pembelajaran Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Empiris pada Mahasiswa POR UMS). Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(3), 344–352. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i3.1319

References

  1. Achmad Sulaiman, P., & Chendra Wibawa, S. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Schoology Mobile Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X Tkj Di Smk Pahlawan Mojosari. It-Edu, 3(01), 75–84.
  2. Albrecht, J. R., & Karabenick, S. A. (2018). Relevance for Learning and Motivation in Education. Journal of Experimental Education, 86(1), 1–10. https://doi.org/10.1080/00220973.2017.1380593
  3. Balqis, P., Ibrahim, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Smpn 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 2(1), 25–38.
  4. Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003. In Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia.
  5. Diantari, P. R., & Ulupui, I. A. (2016). Pengaruh Komite Audit, Proporsi Komisaris Independen, Dan Proporsi Kepemilikan Institusional Terhadap Tax Avoidance. E-Jurnal Akuntansi, 16(1), 702–732.
  6. Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273
  7. Haniah; Asminiwaty, Noor; Sihombing, O. (2019). Panduan Pengembangan Pembelajaran Tata Busana Berbasis Teknologi Digital (Schoology) Untuk Instruktur. 1–45.
  8. Iskandar, D. (2018). Implementasi Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Management Review. https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1804
  9. Jariono, G., & Subekti, N. (2020). Sports Motivation Survey And Physical Activity Students Of Sport Education Teacher Training And Education Faculty FKIP Muhammadiyah University Surakarta. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. https://doi.org/10.33369/jk.v4i2.12449
  10. Nanang Mulyana. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Aktivitas Perkuliahan Atletik Melalui Implementasi PAIKEM Nanang. JUARA : Jurnal Olahraga.
  11. Nur Khasanah; Khomsum Nurhalim. (2016). Motivasi Orangtua Dalam Mengikuti Program Bina Keluarga Balita Di Kelurahan Uwung Jaya Kota Tangerang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 9–15.
  12. Oktiani, I. (2017). Kreatifitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Http://Jurnalkependidikan.Iainpurwokerto.Ac.Id Kreativitas, 5(2), 216–232.
  13. Pramuaji, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana. Jurnal Elektro, 2(3), 183–189.
  14. Rafiola, R. H., Setyosari, P., Radjah, C. L., & Ramli, M. (2020). The effect of learning motivation, self-efficacy, and blended learning on students’ achievement in the industrial revolution 4.0. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(8), 71–82. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i08.12525