Main Article Content
Abstract
Latar belakang penelitian ini melihat perkembangan UMKM yang memasuki masa pandemi peralihan dari pemasaran offline ke dunia digital, tidak semua UMKM siap dengan kompetensi yang serba baru menurut mereka, bahkan hal ini berdampak secara psikologis dengan imbasan pada penurunan perekonomian secara signifikan baik skala micro maupun skala nasional. Pada penelitian terdahulu beberapa mengupas tentang bagaimana upaya mengoptimasi penggunaan medisa sosial untuk meningkatkan pemasaran namun setelah program pelatihan tersebut perubahan yang dirasakan para pengusaha di tingkat UMKM tidak mengalami perubahan yang berarti dikarenakan pelatihan-pelatihan serupa hanya memberikan kelas-kelas tentatif tanpa bimbingan intensif yang terencana dan terjadwal. Peneliti yakin jika pengembangan kompetensi UMKM dibina secara optimal, terencana dan terjadwal melalui kelas-kelas dan metode planner yang syarat teknis akan membawa pengaruh pada optimalisasi penggunaan teknologi komunikasi bisnis dan digital serta peningkatan pemasaran UMKM. Adapun metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana para pelaku UMKM/IKM mendapat pemaparan informasi melalui kelas berbayar sangat murah dan paparan informasi rutin terjadwal, dan teknik penulisan iklan yang praktis dengan upaya tersebut diharapkan kompetensi UMKM akan meningkat. Dan penelitian ini bersinergi dengan program Kementerian Koperasi dan UMKM dimana salah satu program unggulannya yakni program unggulan keempat, pengembangan kapasitas manajemen dan usaha Koperasi dan UKM. Diwujudkan antara lain melalui pemberian konsultasi, pelatihan dan pendampingan oleh para ahli dalm hal ini peneliti sebagai akademisi mampu menjembatani program tersebut guna turut berkontribusi untuk kemajuan UMKM Indonesia.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Hadi, S., Prabowo, W., Murdiono, A., Hidayat, R., & Rahayu, W. P. (2019). Digital Marketing Optimization in Artificial Intelligence Era by Applying Consumer Behavior Algorithm. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 3(1), 41–48.
- Hadiyati, E., , G., & Arwani, I. (2018). Pelatihan Tata Kelola Pemasaran Produk Berbasis Mobile Marketing Ukm Industri Perak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2590ihan Tata Kelola Pe. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2590
- Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23(2), 117–120.
- NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
- Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 2–3.
- Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) | Hari Purwidiantoro | EKA CIDA. Maret, 1(1), 30–39. http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11
- Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
- Wahyudi, R., Riyanto, A. D., & Berlilana. (2019). Pelatihan Aplikasi Teknis Pengembangan Online Marketing Bagi Ukm Se-Balingmascakeb. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM) Vol., 1(1), 21–30.
- Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.
References
Hadi, S., Prabowo, W., Murdiono, A., Hidayat, R., & Rahayu, W. P. (2019). Digital Marketing Optimization in Artificial Intelligence Era by Applying Consumer Behavior Algorithm. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 3(1), 41–48.
Hadiyati, E., , G., & Arwani, I. (2018). Pelatihan Tata Kelola Pemasaran Produk Berbasis Mobile Marketing Ukm Industri Perak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2590ihan Tata Kelola Pe. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2590
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23(2), 117–120.
NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 2–3.
Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) | Hari Purwidiantoro | EKA CIDA. Maret, 1(1), 30–39. http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Wahyudi, R., Riyanto, A. D., & Berlilana. (2019). Pelatihan Aplikasi Teknis Pengembangan Online Marketing Bagi Ukm Se-Balingmascakeb. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM) Vol., 1(1), 21–30.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.