Main Article Content

Abstract

Kurang beragamnya penggunaan metode/ strategi pembelajaran mengakibatan pembelajaran di kelas menjadi monoton, oleh sebab itu, diperlukan sebuah metode/teknik yang cocok untuk menciptkan pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya adalah menggunakan teknik driil.  Teknik drill merupakan salah satu teknik pembelajaran yang sangat berguna dalam pembelajaran, khusunya dalam pembelajaran bahasa inggris. Hal ini dikarenakan teknik drill dilakukan menekankan pada aspek kegiatan latihan yang dilakukan secara berulang-ulang secara terus menerus sampai peserta didik mampu menguasai keterampilan yang dilatihkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknik drill dalam pembelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan hasil belajar pada siswa SMA Negeri 1 Piyungan. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Piyungan yang terdiri dari XII MIPA2 dengan jumlah 22 siswa.Instrumen peneltian terdiri dari lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis kriteria ketuntasan minimum. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik drill dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan 83,03 % pada siklus 2 (pertemuan kedua). Sedangkan dari aspek hasil belajar penggunaan tekni drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentasi ketercapaipain sebesar 13,73%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penggunaan teknik drill dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Keywords

Hasil Belajar Kemampuan Berbicara Teknik Drill

Article Details

How to Cite
Ikhsan, H. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara & Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Teknik Drill Pada Siswa Kelas XII MIPA2 SMA Negeri 1 Piyungan. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(2), 167-178. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i2.1002

References

  1. Fakhrunisa, F. (2020). Improving Students’ Learning Outcomes Through The Use of Substitution Drills Method in Simple Present Tense Material The 10th Grade Of Social Science MAN 1 Banjarmasin Academic Year 2018/2019. Jurnal PTK dan Pendidikan, 5(2).
  2. Kani, U. M., & Sa’ad, T. U. (2015). Drill as a Process of Education. European Journal of Business and Management, 7(21), 175-178.
  3. Kawuri, M. Y. R. T., Ishafit, I., & Fayanto, S. (2019). Efforts to improve the learning activity and learning outcomes of physics students with using a problem-based learning model. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 105-114.
  4. Kawuri, M. Y. R. T., & Fayanto, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Piyungan Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 1-8.
  5. Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 231-234.
  6. Khasinah, S. (2013). Classroom action research. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(1).
  7. Kholid, M. F. N., Yufrizal, H., & Raja, P. (2014). Improving Students' Speaking Ability Through Drill Technique. U-JET, 3(1).
  8. Khoyimah, N., & Santoso, I. (2020). Improving Students Speaking Ability Through Repetition Drill. PROJECT (Professional Journal of English Education), 3(1), 26-35.
  9. Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1).
  10. Kunandar. (2008). Guru profesional implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Raja Grafindo Persada
  11. Kusuma, C. S. D. (2018). Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43-50.
  12. Lidinillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 17.
  13. Sabrina, R., Fauzi, F., & Yamin, M. Y. M. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4).
  14. Sari, T. N., & Appulembang, O. D. (2019). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Himpunan Kelas Vii Pada Suatu Smp Di Sentani [The Implementation Of The Drill Method To Increase Students'cognitive Learning Outcomes Of Sets In A Grade 7 Class At A Junior High School In Sentani]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 131-140.
  15. Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, cet. VII, Jakarta: Prenada Media Group.
  16. Supriyanto, A. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).
  17. Sutiah, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Drill Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sdn 165726 Tebing Tinggi. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 5(1), 155-164.