Meningkatkan Kecerdasan Musikal pada Anak Usia Dini Kelompok B di Tk Negeri 1 Kendari
Keywords:
Kecerdasan Musikal, Kegiatan Bermain PianikaAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan bermain pianika dalam meningkatkan kecerdasan musikal pada anak kelompok B di TK Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus Kammis and Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yakni, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan penilaian. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, bermain pianika dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak kelompok B TK Negeri 1 Kendari. Sebagaimana hasil dari observasi yang menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan musikal anak mengalami perubahan atau peningkatan yang sangat baik. Pada prasiklus awal menunjukkan kecerdasan musikal anak yang tuntas hanya mencapai 20% atau berada pada kategori kurang. Pada siklus 1 menunjukkan kecerdasan musikal anak dominan berada pada kriteria ketuntasan 40% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus 2 menunjukkan kecerdasan musikal anak berada pada rentang penilaian berkembang sesuai harapan (BSH) dengan kriteria ketuntasan 80% atau berada dalam kategori baik.