Interaksi Sosial Siswa di Lingkungan Sekolah: Analisis Studi Etnografi
Keywords:
Interaksi Sosial, Budaya Sekolah, Kebiasaan SiswaAbstract
Interaksi sosial merupakan bagian penting dalam proses pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk interaksi sosial siswa berdasarkan pemahaman budaya, perilaku, dan kebiasaan yang terbentuk di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian terdiri atas tiga guru dan dua siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah teks wawancara terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman budaya sekolah mendorong siswa untuk bersikap sopan, menghargai guru dan teman, serta mengikuti norma sosial yang berlaku. Perilaku siswa dalam berinteraksi dipengaruhi oleh kedekatan emosional, kelompok pergaulan, dan nilai-nilai keagamaan yang diajarkan di sekolah. Kebiasaan siswa yang terbentuk, seperti memberi salam, menjaga kebersihan, dan membentuk kelompok sosial, turut memperkuat hubungan sosial yang harmonis. Kesimpulannya, interaksi sosial siswa di Sekolah terbentuk melalui proses adaptasi budaya, pembiasaan perilaku, dan rutinitas sosial yang terus berkembang, serta mencerminkan peran penting lingkungan sekolah dalam membentuk karakter sosial siswa.