Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 8 tentang Gaya dan Gerak melalui Model Cooperative Learning Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Batuatas Barat Kabupaten Buton Selatan
Keywords:
Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe STADAbstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkn hasil belajar IPA tema 8 tentang gaya dan gerak melalui model cooperative learning tipe STAD Pada Negeri 1 Batuatas Barat Kabupaten Buton Selatan. Peneliti tindakan kelas ini terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Batuatas Barat yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilakukan 2 (dua) siklus dengan diawali pra siklus. Hasil penelitiaan menunjukan bahwa saat pra siklus nilai rata kelas 63 dari 16 siswa, sebanyak 4 siswa tuntas atau 25% mencapai KKM, 12 siswa atau 75% belum tuntas atau belum mencapai KKM, siklus I nilai rata kelas 73 dengan 11 siswa yang tuntas atau 69% sudah tuntas atau mencapai KKM, 5 siswa atau 31% belum tuntas atau belum mencapai KKM. Terjadi kenaikan nilai rata pra tindakan ke siklus I sebanyak 11 siswa yamg tuntas sedangkan siklus ke II hasil mengalami kenaikan lagi yaitu nilai rata kelas meningkat menjadi 82 dan ketuntasan siswa sebanyak 15 siswa atau 94% dan belum tuntas sebanyak 1 siswa atau 6%, dengan nilai rata siklus II 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN 1 batuatas Barat.