Kesalahan Morfologis pada Karangan Bebas Siswa

Authors

  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Analisis, Kesalahan Morfologis, Karangan Bebas

Abstract

Analisis kesalahan morfologis pada karangan siswa juga dapat memberikan wawasan tentang tantangan yang dihadapi siswa dalam memahami dan menerapkan aturan morfologi dalam konteks penulisan yang lebih luas. Hal ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang mengintegrasikan penulisan kreatif dengan pemahaman yang lebih baik tentang struktur bahasa. analisis kesalahan morfologis bukan hanya membantu memperbaiki kesalahan siswa, tetapi juga memperkaya pendekatan pembelajaran bahasa yang holistik dan berorientasi pada pemahaman konsep serta aplikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni berusaha mendeskripsikan kenyataan-kenyataan atau fenomena-fenomena yang ditemukan, utamanya yang berhubungan dengan kesalahan-kesalahan morfologis pada karangan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan, dapatlah disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau masih melakukan kesalahan dalam menulis karangan bahasa Indonesia khususnya kesalahan morfologi. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan tersebut meliputi kesalahan pembentukan afiks sebanyak 41 kesalahan dan kata ulang sebanyak 28 kesalahan, untuk kesalahan kata majemuk pada penelitian ini tidakditemukan adanya kesalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-21