Kemampuan Membaca Menggunakan Media Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Kamasiah STAI YPIQ Baubau
  • Karim IAIN Kendari, Indonesia
  • Ida Umaria Hentihu Universitas Iqra Buru

Keywords:

Kemampuan, Membaca, Media Pembelajaran

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman membaca teks pada tema 1 menggunakan media pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 3 Lamangga Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pelaksanaan ini dilaksanakan bulan Juli sampai Agustus 2023. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas V SD Negeri 3 Lamangga Kota Baubau dengan jumlah 25 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan prosedur pelaksanaan tindakan dimana penelitian terbagi dua siklus pada siklus pertama dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan menggunakan media pembelajaran dan siklus ke dua dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan model yang sama, berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunkan model pembelajaran media pembelajaran di kelas V SD Negeri 3 Lamangga Kota Baubau dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Dimana terlihat pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 69,60 dengan presentase ketuntasan 68,00% dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 80,80 dengan persentase kentutasan 88,00%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman membaca teks tema 1 kelas V SD Negeri 3 Lamangga.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-21