Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) pada Sekolah Dasar

Authors

  • Rita Rita universitas muhammadiyah buton
  • Hijrawatil Aswat Universitas Muhammadiyah Buton
  • Siti Rahmalia Natsir Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Learning Outcomes, ICM, Mathematics

Abstract

RITA (031901062) 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Berbantu Alat Peraga Kerangka Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 1 Katobengke”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika volume bangun ruang kubus dan balok berbantu alat peraga kerangka bangun ruang melalui model pembelajaran Index Card Match (ICM) siswa kelas V SD Negeri 1 katobengke pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek yang diteliti didalam kelas yaitu berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi guru, observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil belajar pada prasiklus yaitu terdapat 10 siswa yang tuntas (41,66%) dan tidak tuntas 14 siswa (58,33%). hasil belajar siklus I mengalami peningkatan yaitu 15 siswa tuntas (62,5%) dan 9 siswa tidak tuntas (37,5%). Dan pada siklus II mengalami peningkatan yang pesat yaitu 22 siswa tuntas (91,66%) dan 2 tidak tuntas  (8,33). Dengan adanya model pembelajaran Index Card Match (ICM) berbantu alat peraga kerangka bangun ruang dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-21