Penerapan Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hizrayanti Hizrayanti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Jufri Agus Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Learning Cycle, Learning

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle di kelas IV SD Negeri 6 Baubau. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 7 orang atau sebesar 33,33% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 orang atau sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata 59,52% dan tuntas secara klasikal 33,33%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 orang atau sebesar 71,42% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 orang atau sebesar 28,57% dengan nilai rata-rata 70,95% dan tuntas secara klasikal 71,42%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 17 orang atau sebesar 80,95% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang atau sebesar 19,04% dengan nilai rata-rata 80,95% dan tuntas secara klasikal 80,95%. Oleh karena itu, dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 6 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-21