Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Scramble pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Learning Outcomes, PPKn, Learning Model, ScrambleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn dengan menggunakan model pembelajaran scramble untuk siswa kelas IV SD Negeri Keraton. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Keraton yang berjumlah 19 orang siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument penelitian berupa tes dan lembar rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan penelitian tindakan kelas. Adapun indikator keberhasilan tindakan di tandai dengan >70% dari jumlah siswa yag mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai >70. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Negeri Keraton setelah menggunakan model pembelajaran scramble pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran scramble, siswa yang mencapai nilai >70 sebesar 63,16% pada siklus I dan meningkat menjadi 89,47% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan.