Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Think-Pair-Share pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Alyah Novalikha Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Riniati Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Indonesian Language, Think-Pair-Share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi melalui metode pembelajaran koopertif tipe Think-Pair-Share (TPS) di kelas V SD Negeri Wangkanapi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari empat langkah tahapan pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui tes dan obsevasi. Hasil penelitian ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar. Hasil tes prasiklus ada 13 siswa yang tuntas (48,14%) dan tidak tuntas 14 siswa (51,86%), siklus I ada 18 siswa yang tuntas (66,66%) dan tidak tuntas 9 siswa (33,34%), siklus II ada 23 siswa yang tuntas (85,18%) dan tidak tuntas 4 siswa (14,82%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-21