Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Kantor Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara)

Authors

  • Wa Ode Agustina Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Teguh Priyo Sadono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v8i1.7162

Keywords:

Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Menggunakan pendekatan interpretif dengan penelitian kualitatif studi kasus, menggunakan sumber data primer dan data sekunder, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menggunakan triangulasi sumber dengan teknik analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi di kantor tersebut sudah cukup baik, tercermin dari kemampuan pegawai dalam berkomunikasi dengan cepat dan responsif. Konsep kunci komunikasi yang diterapkan mencakup (1) proses koordinasi antar pegawai, (2) penyampaian pesan langsung dan dalam jaringan, (3) pola komunikasi lingkaran, (4) hubungan baik antara pimpinan dan pegawai, serta (5) lingkungan yang aman. Faktor pendukung komunikasi organisasi adalah penggunaan media komunikasi seperti WhatsApp dan email. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti hubungan yang kurang personal antar pegawai yang merasa canggung berkomunikasi dengan orang baru, serta fasilitas pendukung yang kurang optimal, terutama jaringan internet yang tidak stabil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi organisasi berperan penting dalam meningkatkan kinerja pegawai di kantor tersebut, meskipun masih terdapat beberapa hambatan yang perlu diperbaiki.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-28