ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KOMUNIKASI ORGANISASI PELAYANAN KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v7i2.6648Keywords:
Communication, Interpersonal Communication, Lecturers, Students, Positive CharacterAbstract
Strategi komunikasi organisasi dan pelayanan merupakan dua kata kunci kesuksesan dalam menjalankan perguruan tinggi. Komunikasi organisasi yang diterapkan pada pelayanan yang diterima oleh mahasiswa dirasakan secara langsung. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini untuk menguji salah satu yang menjadi faktor kenyamanan bagi mahasiswa, yaitu komunikasi pelayanan khususnya pada bidang kemahasiswaan untuk melihat tingkat kepuasan mahasiswa pada komunikasi pelayanan yang dibangun selama ini oleh kemahasiswaan dengan alasan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa pada komunikasi pelayanan yang dilakukan bagian kemahasiswaan universitas teknologi sumbawa. Yang mana penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jumlah sampel yang digunakan sebesar 364 dari 7 fakultas dengan tingkat kesalahan 5% dengan kriteria mahasiswa aktif Universitas Teknologi Sumbawa angkatan 2020-2023. Penelitian ini menggunakan teori informasi organisasi yang membahas tentang peredaran dan kejelasan pesan dalam organisasi. Dengan hasil penelitian komunikasi pelayanan berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan mahasiswa berdasarkan t tabel dengan signifikansi 1% yaitu 30.409%< t hitung 0,103% maka didapat hipotesis Ha diterima dapat disimpulkan terdapat pengaruh tingkat kepuasan mahasiswa terhadap komunikasi pelayanan kemahasiswaan yang berada pada hubungan tingkat tinggi dengan angka 0,848.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication