ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KOMUNIKASI ORGANISASI PELAYANAN KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS TEKNOLOGI

Authors

  • Destian Cahyani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ofi Hidayat Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v7i2.6648

Keywords:

Communication, Interpersonal Communication, Lecturers, Students, Positive Character

Abstract

Strategi komunikasi organisasi dan pelayanan merupakan dua kata kunci kesuksesan dalam menjalankan perguruan tinggi. Komunikasi organisasi yang diterapkan pada pelayanan yang diterima oleh mahasiswa dirasakan secara langsung. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini untuk menguji salah satu yang menjadi faktor kenyamanan bagi mahasiswa, yaitu komunikasi pelayanan khususnya pada bidang kemahasiswaan untuk melihat tingkat kepuasan mahasiswa pada komunikasi pelayanan yang dibangun selama ini oleh kemahasiswaan dengan alasan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa pada komunikasi pelayanan yang dilakukan bagian kemahasiswaan universitas teknologi sumbawa. Yang mana penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jumlah sampel yang digunakan sebesar 364 dari 7 fakultas dengan tingkat kesalahan 5% dengan kriteria mahasiswa aktif Universitas Teknologi Sumbawa angkatan 2020-2023. Penelitian ini menggunakan teori informasi organisasi yang membahas tentang peredaran dan kejelasan pesan dalam organisasi. Dengan hasil penelitian komunikasi pelayanan berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan mahasiswa berdasarkan t tabel dengan signifikansi 1% yaitu 30.409%< t hitung 0,103% maka didapat hipotesis Ha diterima dapat disimpulkan terdapat pengaruh tingkat kepuasan mahasiswa terhadap komunikasi pelayanan kemahasiswaan yang berada pada hubungan tingkat tinggi dengan angka 0,848.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-27