ANALISA STRATEGI KOMUNIKASI MARKETING PUBLIC RELATIONS SUASANA RUMAH KOPI DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v7i2.6326Keywords:
Marketing Public Relations, Suasana Rumah Kopi, Brand Awareness, InstagramAbstract
Tingginya persaingan bisnis coffee shop membuat setiap pelaku usaha harus membuat strategi efektif untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu coffee shop yang berada di Kota Banjarmasin yakni Suasana Rumah Kopi telah melakukan strategi komunikasi marketing public relations (MPR) dalam meningkatkan brand awareness namun hasilnya belum meningkat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelasakan peran MPR Suasana Rumah Kopi dalam mengoptimalkan penjualan dengan meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi advertising harus dilakukan secara berkelanjutan. Untuk strategi direct marketing dan sales promotions harus mengombinasikan feed, reels, dan story agar pesan yang dibuat sampai kepada pengikut. Lalu pada strategi interactive/internet marketing harus mulai membuat konten seperti kuis, polling, atau question and answer lewat story atau reel untuk meningkatkan keterlibatan pengikut Instagram. Sedangkan untuk strategi public relations dan personal selling sudah sangat baik dalam menjalankannya dan perlu dipertahankan untuk meningkatkan brand awareness. Namun terdapat tiga instrumen yang sangat berpengaruh dalam membantu meningkatkan brand awareness Suasana Rumah Kopi yakni advertising, public relations, dan personal selling. Hal yang mendasari pernyataan tersebut ialah hasil yang diperoleh Suasana Rumah Kopi ketika menjalakan instrumen tersebut.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication