ANALISA STRATEGI KOMUNIKASI MARKETING PUBLIC RELATIONS SUASANA RUMAH KOPI DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI INSTAGRAM

Authors

  • Robertus Septian Wahyu Nugroho Universitas Kristen Satya Wacana
  • Lina Sinatra Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v7i2.6326

Keywords:

Marketing Public Relations, Suasana Rumah Kopi, Brand Awareness, Instagram

Abstract

Tingginya persaingan bisnis coffee shop membuat setiap pelaku usaha harus membuat strategi efektif untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu coffee shop yang berada di Kota Banjarmasin yakni Suasana Rumah Kopi telah melakukan strategi komunikasi marketing public relations (MPR) dalam meningkatkan brand awareness namun hasilnya belum meningkat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelasakan peran MPR Suasana Rumah Kopi dalam mengoptimalkan penjualan dengan meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi advertising harus dilakukan secara berkelanjutan. Untuk strategi direct marketing dan sales promotions harus mengombinasikan feed, reels, dan story agar pesan yang dibuat sampai kepada pengikut. Lalu pada strategi interactive/internet marketing harus mulai membuat konten seperti kuis, polling, atau question and answer lewat story atau reel untuk meningkatkan keterlibatan pengikut Instagram. Sedangkan untuk strategi public relations dan personal selling sudah sangat baik dalam menjalankannya dan perlu dipertahankan untuk meningkatkan brand awareness. Namun terdapat tiga instrumen yang sangat berpengaruh dalam membantu meningkatkan brand awareness Suasana Rumah Kopi yakni advertising, public relations, dan personal selling. Hal yang mendasari pernyataan tersebut ialah hasil yang diperoleh Suasana Rumah Kopi ketika menjalakan instrumen tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-27