Analisis Penerapan The Five Inevitable Laws of Effective Communication dalam Penggunaan Instagram
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v7i2.5355Keywords:
Etika Komunikasi, Instagram, The Five Inevitable Laws of Effective CommunicationAbstract
Kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk menjalin komunikasi. Komunikasi kini dapat dilakukan secara virtual melalui media sosial, seperti Instagram yang merupakan salah satu media sosial terpopuler di Indonesia. Instagram dimanfaatkan untuk media berbagi foto atau video, media untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna Instagram, hingga media untuk berbisnis. Semakin intensnya penggunaan sosial media, tidak diimbangi dengan penerapan etika bermedia sosial. Untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan menerapkan etika, maka penting untuk menerapkan The Five Inevitable Laws of Effective Communication. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan The Five Inevitable Laws of Effective Communication atau prinsip REACH (Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble) dalam penggunaan media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penlitian deskriptif kualitatif, dan melakukan wawancara serta observasi secara mendalam terhadap narasumber yang merupakan mahasiswa pengguna Instagram di Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan prinsip REACH dalam penggunaan Instagram ditunjukan dengan memberikan kritik melalui pesan personal atau direct message, prinsip empathy dengan menunjukan sikap saling memahami antar sesama pengguna Instagram, prinsip audible ditunjukan dengan menyampaikan isi pesan agar mudah dipahami dengan menggunkan kalimat yang jelas, prinsip clarity yaitu menjelaskan maksud dari isi postingan secara rinci dengan memanfaatkan fitur caption, dan prinsip humble dengan membangun interaksi dengan sesama pengguna Instagram. Dengan penerapan The Five Inevitable Laws of Effective Communication dapat membantu menciptakan komunikasi yang lebih efektif di media virtual Instagram, dan dioptimalkan lagi oleh fitur-fitur Instagram.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-10-31 (2)
- 2024-08-27 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication