RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP PESAN HALAL PADA IKLAN FRESHCARE

Authors

  • Nurma Tri Amalia, Indah Wenerda Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v3i1.471

Keywords:

analisis resepsi, iklan FreshCare, masyarakat Yogyakarta

Abstract

Subjek yang digunakan dalam penelitian iklan FreshCare ini membicarakan mengenai pesan – pesan yang terkandung dalam iklan. Awalnya iklan FreshCare ditayangkan oleh Brand Ambassador Agnes Monica kemudian digantikan oleh Brand Ambassador Dewi Sandra, yang menampilkan bahwa FreshCare lulus sertifikasi Halal dengan menunjukkan serta menjelaskan keberadaan label Halal didalam iklan tersebut. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerimaan masyarakat terhadap pesan Halal tersebut. Sasaran narasumber yang digunakan pada penelitian ini adalah sebagian besar masyarakat diYogyakarta.

 

Secara teoretis penelitian ini ingin mengetahui reaksi masyarakat terhadap penerimaan pesan Halal yang terkandung dalam iklan FreshCare yang menjelaskan mengenai produk dan kehalalan produk dengan menampilkan label Halal oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). Mengungkapkan keberadaan pesan Halal dalam iklan FreshCare terhadap penerimaan pesan masyarakat di Yogyakarta, berbagai macam penerimaan pesan yang terbagi dari beberapa tipe dan metode kesimpulan akan diteliti dengan metode deskriptif kualitatif dengan kumpulan iklan FreshCare versi Agnes Monica, Dewi Sandra serta kedua – duanya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, dokumentasi, catatan, serta perekam suara

 

Hasil penelitian resepsi masyarakat Yogyakarta terhadap pesan Halal dalam iklan FreshCare ditelevisi menunjukkan adanya tiga kategori penerimaan pesan yaitu : Hegemoni Dominan, Negosiasi dan Opposisi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-05