Peran Humas dalam Pengelolaan Konten Harian Instagram @infobsdtol di PT Bintaro Serpong Damai
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v6i2.3260Keywords:
Humas; Sosial Media; Instagram; Konten DigitalAbstract
Tol BSD yang menghubungkan Pondok Aren–Serpong di wilayah Tangerang Selatan mengalami permasalahan dalam operasional. Sebagai solusi, Tol BSD memaksimalkan peran Humas dalam pemberian informasi melalui konten media sosial Instagram. Penulis hadir dalam membatu peran Humas untuk menjalankan fungsi tersebut melalui beberapa kegiatan seperti pembuatan social media plan, tapping konten, editing konten, copywriting, evaluasi dan revisi, uploading, dan analisis. Perancangan karya ini menggunakan beberapa teori antara lain komunikasi, komunikasi massa, public relation / humas, media sosial, Instagram, konten, dan produksi konten. Data primer yang digunakan dalam perancangan karya ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk data sekunder penulis melakukan studi ilmiah. Melalui kegiatan tersebut Humas PT BSD mampu menghasilkan sebuah konten yang baik sehingga dapat menjadi media komunikasi dan pemecah masalah antara institusi dan pengguna jalan. Keberhasilan Humas PT BSD dalam menjadi media komunikasi dan pemecah masalah juga didukung dengan data terkait analisis konten yang sudah dipublikasi berupa pengikut, jangkauan, interaksi, dan engagement yang seluruhnya mengalami kenaikan serta hasil survey kepuasan pelanggan 2022 yang menyatakan puas terhadap peran Humas.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication