PENGELOLAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI STAIN MAJENE

  • Muhtar Muhtar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
Keywords: Facebook; STAIN Majene; Media Sosial; Sosialisasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya respon publik terhadap konten Facebook STAIN Majene sebagai media sosialisasi kampus. Fenomena ini terlihat dari minimnya tanggapan berupa like, materi yang dibagikan kembali, serta interaksi antara pengunjung dan pengelola pada setiap unggahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara terhadap 2 admin Facebook STAIN Majene, serta mengamati setiap tahap pengelolaan media sosial tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan konten Facebook STAIN Majene belum matang karena belum ada strategi dan segmentasi audiens yang jelas, serta pengelola belum dilengkapi peralatan yang cukup. Pada tahap produksi konten juga terlihat belum adanya perencanaan editorial, jumlah SDM yang kurang, serta tidak ada konten unggulan. TahapĀ  unggahan konten menunjukkan upaya maksimal pengelola melalui hastag dan kata kunci pada unggahan, dan sudah ada konten kolaborasi, hanya saja perlu dilakukan secara rutin. Penelitian ini juga menunjukkan tahap evaluasi yang belum optimal, dikarenakan tidak ada indikator penilaian yang jelas, dan evaluasi belum dilakukan secara berkala.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan Facebook STAIN Majene sebagai sarana sosialisasi memerlukan pembenahan pada perancangan dan pembuatan konten, serta pelibatan media social specialist untuk memberikan pelatihan pengelolaan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-19