Evaluasi Kinerja Birokrat Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Tegalgondo Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.35326/kybernan.v4i2.1232Keywords:
Kata Kunci: Evaluasi Kinerja, Pelayanan Publik,Pemerintah Desa.Abstract
Abstract: This study discusses the evaluation of the performance of employees who work in government agencies, this research study is at the Tegalgondo Village Office, Malang Regency. The village office is a public service institution that has the task of providing services to the community, so that the State Civil Apparatus will also determine the success of public services. The purpose of the study is to answer how the performance of the State Civil Apparatus in Improving Public Services at the Tegalgondo Village Head Office, Malang Regency, this study uses a descriptive qualitative method. In this case the performance indicators used are productivity, service quality, responsiveness, responsibility, and accountability. Informants in this study were taken from the community (5 people), and several Civil Servants (PNS) in the village head office (7 people) collecting data by interview. Meanwhile, the data analysis used Miles and Huberman's interactive model analysis technique. The results showed that the evaluation of the performance of Civil Servants (PNS) at the Tegalgondo Village office, Malang Regency, was measured using these five indicators in order to improve the quality of public services to the community as a whole has been going well, both in terms of Productivity, Service Quality, Responsiveness, Responsibility, and accountability.
Abstrak : Penelitian ini membahas tentang evaluasi kinerja pegawai yang bekerja pada instansi pemerintah, study penelitian ini di Kantor Desa Tegalgondo Kabupaten Malang. Yang mana kantor desa ialah sebagai lembaga pelayanan publik yang memiliki tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga Aparatur Sipil Negara juga akan menentukan keberhasilan pelayanan publik. Tujuan penelitian yaitu untuk menjawab bagaimana kinerja Aparatur Sipil Negara dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Kantor Kepala Desa Tegalgondo, Kabupaten Malang, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam hal ini indikator kinerja yang digunakan adalah produktivitas, kualitas pelayanan, responsivitas, renponsibilitas, dan akuntabilitas. Informan dalam penelitian ini diambil dari masyarakat (5 orang), dan beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kantor kepala desa sebanyak (7 Orang) pengumpulan data dengan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kantor Desa Tegalgondo Kabupaten Malang dengan di ukur mengunakan kelima indikator tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Publik pada masyarakat secara keseluruhannya sudah berjalan dengan baik, baik dilihat dari aspek Produktivitas, Kualitas Pelayanan, Responsivitas, Responsibilitas, dan akuntabilitas.