IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI DI DESA LAWELE KECAMATAN LASALIMU KABUPATEN BUTON

Authors

  • Fitriyani Fitriyani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton
  • Salwiah Salwiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton
  • Siti Misra Susanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/jla.v1i2.911

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Karakter Mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan pendidikan karakter mandiri pada anak usia dini di Desa Lawele Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua, anak dan warga. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengenalan pendidikan karakter mandiri anak usia dini yang dilaksanakan melalui pendidikan karakter sekaligus mengenalkan pendidikan karakter menggunakan kegiatan yang membuat ketagihan mulai dari makan sendiri, memakai seragam sekolah hingga anak memakai sepatu sendiri. Pada dasarnya penyelenggaraan pendidikan karakter mandiri sangat penting bagi anak usia dini. Karena pengenalan pendidikan karakter sejak anak usia dini berdampak besar pada karakter generasi penerus sehingga menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Fitriyani, F., Salwiah, S., & Susanti, S. M. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI DI DESA LAWELE KECAMATAN LASALIMU KABUPATEN BUTON. Jurnal Lentera Anak, 1(2), 34–39. https://doi.org/10.35326/jla.v1i2.911