Peran Guru dalam Meningkatkan Kreatifitas Dasar melalui Kegiatan Bermain dan Belajar di TK S Yaa Bunayya Hidayatullah

Authors

  • Agusalim Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Guru, Kreativitas Anak, Pembelajaran Bermain, Pendidikan Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kreativitas dasar anak melalui pembelajaran berbasis bermain di TK S Yaa Bunayya Hidayatullah Kota Baubau. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana guru merancang kegiatan yang menyenangkan dan edukatif serta memberikan dukungan terhadap ekspresi dan partisipasi anak dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari dua guru kelas kelompok B yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan aktif sebagai fasilitator pembelajaran dengan menciptakan suasana kelas yang fleksibel, merancang kegiatan berbasis bermain seperti bermain peran dan bercerita menggunakan gambar berseri, serta memberikan pujian dan dorongan kepada anak untuk mengekspresikan ide. Penggunaan media bermain yang edukatif dan kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa lisan, imajinasi, serta keberanian anak dalam menyampaikan pendapat. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam partisipasi aktif dan kreativitas melalui karya dan aktivitas yang mereka hasilkan. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis bermain yang difasilitasi secara tepat oleh guru mampu menjadi strategi efektif dalam mengembangkan kreativitas dasar anak usia dini secara menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Agusalim. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Kreatifitas Dasar melalui Kegiatan Bermain dan Belajar di TK S Yaa Bunayya Hidayatullah. Jurnal Lentera Anak, 4(1), 1–14. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JLA/article/view/7703