PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI AUDIO VISUAL DI TK PERTIWI MANURU

Authors

  • Rachman Saleh Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samritin Samritin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Salmin Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/jla.v3i1.3042

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: untuk mengetahui bagaimana peningkatan kreativitas menggambar anak usia 5-6 tahun melalui audio visual di TK Pertiwi Manuru Kecamatan Siontapina Kabupaten Buton. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau biasa dikenal dengan classroom action research (CAR) dimana prosedur pelaksanaan PTK yang mengadopsi model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa di TK Pertiwi Manuru dengan subyek penelitian anak didik kelompok B TK TK Pertiwi Manuru Kecamatan Siontapina Kabupaten Buton yang berjumlah 19 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana siklus pertama 3 kali pertemuan dan siklus ke dua 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) siklus 1 sampai siklus II dapat dilihat bahwa adanya peningkatan kreativitas menggambar anak usia 5-6 tahun melalui media audio visual  yakni Pra siklus kreativitas menggambar anak sebesar 0%, pada siklus I kreativitas menggambar anak 21 %, pada siklus II kreativitas menggambar anak meningkat mencapai 76.50%.

 

Kata Kunci:  Kreativitas Menggambar, Audio Visual

 

Abstract

The study aims to describe to find out how to increase the creativity of drawing children aged 5-6 years through audio visuals in Pertiwi Manuru Kindergarten, Siontapina District, Buton Regency. This research is classroom action research (CAR) or commonly known as classroom action research (CAR) where the CAR implementation procedure adopts the spiral model from Kemmis and Mc. Taggart. The research population includes all students in TK Pertiwi Manuru with the research subjects being 19 children of group B TK Pertiwi Manuru Kindergarten, Siontapina District, Buton Regency. The research was carried out in 2 cycles where the first cycle had 3 meetings and the second cycle had 4 meetings. Each cycle consists of four stages, namely: the planning stage, the implementation stage, the observation stage and the reflection stage. The data collection technique used is performance. The results showed that the Class Action Research (CAR) cycle 1 to cycle II could be seen that there was an increase in the creativity of drawing children aged 5-6 years through audio-visual media, namely the pre-cycle of children's drawing creativity by 0%, in the first cycle of children's drawing creativity was 21%. , in the second cycle the creativity of children's drawing increased to 76.50%.

 

Keywords: Drawing Creativity, Audio Visual

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Saleh, R., Samritin, S., & Salmin, W. O. (2023). PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI AUDIO VISUAL DI TK PERTIWI MANURU. Jurnal Lentera Anak, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.35326/jla.v3i1.3042