KERTAS SEBAGAI MEDIA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B-1 TK RUMAMBA DESA LANTO

Authors

  • Harningsi Harningsi Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kadarisman Kadarisman Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samritin Samritin Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/jla.v2i2.2386

Keywords:

Media kertas, perkembangan sosial, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sosial anak kelompok B-1 TK Rumamba Desa Lanto. permasalahan dalam penelitian ini ialah kurangnya kemampuan anak dalam bekerjasama dengan sesama teman untuk membangun menara dari balok secara berkelompok dan kurangnya kemampuan anak dalam menyelesaikan kegiatan pembelajaran yang diberikan guru sampai selesai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan selama delapan kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B-1 TK Rumamba Desa Lanto yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mununjukan bahwa dari jumlah 12 orang anak yang diteliti  pada saat melakukan kegiatan melipat kertas ada 4 orang anak sudah mampu berkembang sangat baik, 6 orang anak sudah mampu berkembang sesuai harapan, dan 2 orang anak sudah mulai berkembang. Dengan demikian, dapat simpulkan bahwa penggunaan berbagai jenis kertas  pada saat melakukan kegiatan melipat kertas dapat mengembangkan kemampuan soial anak kelompok B-1 TK Rumamba Desa Lanto dan juga dapat memenambah wawasan guru untuk dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Harningsi, H., Kadarisman, K., & Samritin, S. (2021). KERTAS SEBAGAI MEDIA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B-1 TK RUMAMBA DESA LANTO. Jurnal Lentera Anak, 2(2), 54–61. https://doi.org/10.35326/jla.v2i2.2386