MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBIASAAN DAN KETELADANAN PADA KELOMPOK A DI TK TUNAS SARI DESA SUMBER SARI
DOI:
https://doi.org/10.35326/jla.v2i2.1714Keywords:
Disiplin, Metode Pembiasaan, KeteladananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dalam membangun disiplin anak usia dini melauli metode pembiasaan dan Keteladanan yang dilakukan oleh guru, dan seluruh tenaga pendidik di TK Tunas Sari, serta mendeskripsikan faktor-faktor dalam memberikan penanaman kedisiplinan di TK Tunas Sari Tahun Pelajaran 2021/2022. Fokus penelitian adalah strategi membangun kedisiplinan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu guru kelas, peserta didik, dan orang tua siswa anak usia dini kelompok A TK Tunas Sari Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Dengan subjek observasi berjumlah 14 anak. Analisis data menggunakan teknik analisis reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membangun karakter disiplin anak di sekolah, metode yang dilakukan adalah dengan pembiasaan dan keteladanan guru dan peran serta orang tua di rumah. Faktor pendukung dalam upaya membangun kedisiplinan yaitu konsistensi pendidik dalam menanamkan aturan-aturan yang disepakati. Hambatan yang dialami berupa kurangnya media pendukung yang dapat dijadikan sarana yang variatif untuk membangun kedisiplinan agar anak tidak jenuh.