MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI RA DARUL ARQAM

Authors

  • Raidatul Azizah IAIN Kendari
  • La Ode Anhusadar IAIN Kendari
  • Karim IAIN Kendari

Keywords:

Kemampuan Berbicara, Boneka Tangan, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran kemampuan berbicara anak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok A di RA Darul Arqam, (2) Peningkatan kemampuan berbicara anak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak kelompok A RA Darul Arqam. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus Kammis and Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yakni, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di RA Darul Arqam Kabupaten Kolaka. Kemampuan berbicara anak mengalami perubahan yang sangat baik. Hasil pra siklus menunjukkan kemampuan berbicara anak yang tuntas hanya mencapai 20%, pada siklus I ketuntasan kemampuan berbicara anak mencapai 35%, dan pada siklus II anak yang tuntas mencapai 80%. Hal ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan bercerita dengan boneka tangan, kemampuan berbicara anak berhasil mengalami peningkatan karena telah sesuai dengan indikator pencapaian yaitu sebesar 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Azizah, R., Anhusadar, L. O., & Karim. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI RA DARUL ARQAM. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 9(1), 1–13. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/7222

Issue

Section

Articles