MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BUTON MELALUI METODE PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.35326/jec.v7i2.4923Keywords:
Kemampuan menulis cerpen, Metode experiential learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton dalam menulis cerpen menggunakan metode pembelajaran experiential learning. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Buton. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode pembelajaran experiential learning dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Buton. Peningkatan tersebut dapat diamati dari setiap siklus pelaksanaan. Pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 14 orang, sedangkan yang tidak mencapai KKM sebanyak 15 orang. Nilai tertinggi adalah 70 dan nilai terendah adalah 54, dengan total nilai keseluruhan sebanyak 1763. Sehingga, nilai rata-ratanya adalah 60,7. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang, sedangkan yang tidak mencapai KKM sebanyak 5 orang. Nilai tertinggi adalah 75 dan nilai terendah adalah 62, dengan total nilai keseluruhan sebanyak 2024. Sehingga, nilai rata-ratanya adalah 69,7.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arsad Arsad, Tofan Stofiana, Yuni Damayanti Toruncu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.