EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TOMIA
DOI:
https://doi.org/10.35326/jec.v7i2.4816Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Example Non-Example dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tomia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplorasi kuantitatif, yang merupakan jenis penelitian percobaan. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 di SMA Negeri 1 Tomia. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan model Example Non-Example dalam pembelajaran menulis puisi secara signifikan meningkatkan nilai siswa dari pre-test ke post-test. Sebelum penerapan model ini, nilai rata-rata pre-test untuk kelas uji coba tanpa model Example Non-Example adalah 79, sedangkan kelas kontrol tanpa perlakuan adalah 55. Namun, setelah melalui pengalaman pembelajaran dengan model Example Non-Example, terjadi peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen yang menggunakan model ini mencapai 83, sementara kelas kontrol tanpa perlakuan hanya mencapai 57. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model Example Non-Example memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi, yang tercermin dari peningkatan nilai antara pre-test dan post-test.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maryam Nurlaila, Tofan Stofiana, Anika Sandara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.