PERAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Khoirul Nasikin SD Negeri 1 Lapero
  • Siti Marsina SD Negeri 1 Lapero

DOI:

https://doi.org/10.35326/jec.v6i1.4694

Keywords:

Peran Guru, Pengelolaan Kelas, Minat Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam pengelolaan kelas secara fisik dan non fisik untuk meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri 1 Lapero. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 5 orang yaitu kepala sekolah, dua orang guru, dan dua orang siswa di SD Negeri 1 Lapero. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara. Hasil analisis data yang telah dikumpulkan melalui wawancara diketahui bahwa Pengelolaan kelas secara fisik pada siswa SD Negeri 1 Lapero terlaksana dengan baik terlihat dari pengaturan kelas dan pengelompokan siswa pada tingkatan kelas yang sesuai dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan dan ketertarikan siswa pada aktivitas belajar. Pengelolaan kelas yang bersifat non fisik pada siswa SD Negeri 1 Lapero, juga terlihat sangat baik. Guru memberikan kesempatan untuk siswa dapat mengemukakan ide-idenya dan menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan, sehingga baik antara siswa maupun dengan guru tercipta interaksi yang harmonis. Peran yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak terbagi atas dua yaitu pengelolaan kelas secara fisik dan pengelolaan kelas secara non fisik. pengelolaan kelas secara fisik yaitu dengan menata ruangan, pengaturan meja dan kursi, jumlah siswa dalam satu kelas, dan pembagian kelompok. Pengelolaan kelas secara non fisik diantaranya: interaksi siswa dengan siswa, interaksi siswa dengan guru, dan kondisi kelas saat menjelang, selama, dan akhir pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Nasikin, K., & Marsina, S. (2022). PERAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA . JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 6(1), 75–83. https://doi.org/10.35326/jec.v6i1.4694

Issue

Section

Articles